In-depth

Sulit Disingkirkan, Ini 4 Tunggal Putra yang Bertengger di Ranking 1 Dunia Terlama, Bukan Viktor Axelsen

Jumat, 29 Juli 2022 20:12 WIB
Editor: Juni Adi
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Mantan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Mantan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Tidak banyak pebulutangkis di sektor tunggal putra mempertahankan ranking nomor satu dunianya, seperti empat pebulutangkis ini. 

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang terus mengalami perkembangan pesat. Sempat dirajai oleh negara-negara Asia, namun kini kekuatan bulutangkis kian merata.

Tidak lagi China yang dominan, tetapi ada negara-negara Eropa yang secara mengejutkan terus berkembang dengan baik. Denmark misalnya, perlahan mereka menjadi negara yang sulit dikalahkan.

Salah satu pebulutangkis andalanya ada di sektor tunggal putra, Viktor Axelsen. Siapa yang mampu menumbangkannya?

Dalam beberapa tahun terakhir sulit untuk bisa dihentikan kemenangan-kemenangan Viktor Axelsen di sejumlah turnamen. 

Beberapa pebulutangkis tunggal putra kenamaan seperti Anthony Ginting, Jonatan Christie hingga Kento Momota juga tak bisa berbuat banyak.

Saking sulitnya dikalahkan, Viktor Axelsen kini sukses memecahkan sejumlah rekor di bulutangkis dunia. Salah satunya rekor milik legenda tunggal putra asal China, Lin Dan.

Sebelumnya, Axelsen berhasil menyamai rekor kemenangan Lin Dan usai mengalahkan wakil Indonesia, Jonatan Christie, di semifinal Malaysia Open 2022 pada Sabtu 2 Juli 2022. 

Ia berhasil meraih kemenangan 21-15, 20-22, dan 21-11 atas Jonatan Christie.

Kemenangan tersebut pun mengantarnya melaju ke babak final Malaysia Open 2022 untuk menghadapi wakil Jepang, Kento Momota. Di final ia sukses meraih kemenangan.

Saat itu pula, Axelsen berhasil meraih 31 kemenangan secara beruntun, sama seperti milik Lin Dan. Saat ini, sulit bagi pebulutangkis tunggal putra lain mengalahkan pebulutangkis asal Denmark itu.

Sebab beberapa kali nama-nama ternama seperti Kento Momota, Anders Antonsen.

Lee Zii Jia, Anthony Ginting pun tak bisa mengalahkannya, yang membuat Viktor Axelsen bertengger cukup lama di ranking satu dunia tunggal putra versi BWF.

Sebelum Viktor Axelsen, ada beberapa tunggal putra lain yang bertahan lama di peringkat satu dunia BWF pada ajang bulutangkis.