Japan Open, Gelar yang Gagal Diraih Pemain Legendaris Indonesia Liliyana Natsir

Selasa, 2 Agustus 2022 14:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Peraih medali emas Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, setelah mengalahkan Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dari Malaysia pada Indonesia Open 2018. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Peraih medali emas Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, setelah mengalahkan Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dari Malaysia pada Indonesia Open 2018.

INDOSPORT.COM - Gelar ganda campuran di Japan Open agaknya menjadi misteri yang tak terpecahkan bagi pemain bulutangkis legendaris Indonesia, Liliyana Natsir.

Seperti diketahui, Liliyana Natsir adalah salah satu pemain bulutangkis legendaris Indonesia, dengan spesialisasi di ganda campuran dan ganda putra,

Banyak gelar yang sudah diraih, baik di ganda campuran, bersama Nova Widianto dan Tontowi Ahmad, serta ganda putri bersama Vita Marissa selama karier pemain asal Manado, Sulawesi Utara tersebut.

Hanya saja, Japan Open agaknya masih menjadi misteri bagi Liliyana Natsir dan menjadi salah satu gelar yang gagal dimenangi sepanjang kariernya di bulutangkis.

Saat menilik di Wikipedia, dalam karier Liliyana Natsir, setidaknya ada dua kali kesempatan menapaki semifinal dengan dua pasangan berbeda.

Kesempatan pertama hadir di 2007 manakala Liliyana Natsir berpasangan dengan pelatih ganda campuran Indonesia saat ini, Nova Widianto.

Kala itu, Nova Widianto/Liliyana Natsir harus takluk dari pasangan China, Zheng Bo/Gao Ling dengan dua set langsung 19-21 dan 14-21, sehingga mesti rela untuk menjadi juara kedua.

Runner-up kembali didapat oleh Liliyana Natsir pada 2012, ketika sudah berganti pasangan dan didampingi oleh Muhammad Rijal.

Liliyana yang sebenarnya berpasangan dengan Tontowi Ahmad, kala itu berganti pasangan selepas Indonesia Open 2012 untuk turun di Japan Open.

Pasangan Muhammad Rijal/Liliyana Natsir mampu melaju hingga final, sebelum dihentikan ganda campuran andalan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan dua set langsung 12-21 dan 19-21.