Apa Kabar Sun Yu, Eks Tunggal Cantik China yang Pernah Banting Setir Jadi Wasit

Selasa, 9 Agustus 2022 19:03 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© ANDY BUCHANAN/AFP via Getty Images
Mari mengintip kabar terbaru dari mantan tunggal putri berparas cantik asal China, Sun Yu, yang pernah banting setir jadi wasit pasca pensiun dini karena cedera. Copyright: © ANDY BUCHANAN/AFP via Getty Images
Mari mengintip kabar terbaru dari mantan tunggal putri berparas cantik asal China, Sun Yu, yang pernah banting setir jadi wasit pasca pensiun dini karena cedera.

INDOSPORT.COM – Mari mengintip kabar terbaru dari mantan tunggal putri berparas cantik asal China, Sun Yu, yang pernah banting setir jadi wasit pasca pensiun dini karena cedera.

Lahir di Dalian, Liaoning, China, pada 28 Februari 1994, Sun Yu merupakan bintang tunggal putri di Asosiasi Bulutangkis China (CBA) pada era 2011-2017.

Sun Yu pernah menjadi bagian dari kesuksesan tim Negeri Tirai Bambu saat menjuarai ajang kejuaraan beregu putri Piala Uber 2014 dan 2016.

Sementara di kejuaraan Individu, serangkaian prestasi juga telah ditorehkan Sun Yu, seperti menyabet emas Kejuaraan Asia Junior 2011 hingga gelar juara Singapore Open 2015.

Torehan prestasi tersebut, membawa Sun Yu ke ranking 4 dunia tunggal putri pada Maret 2017. Situasinya dialah andalan China (CBA) pada saat itu.

Hanya saja, plot twist datang saat Sun Yu diterpa cedera yang tak kunjung selesai. Ranking dunianya langsung merosot tajam karena sering melewatkan sejumlah kompetisi.

Setahun berselang pada 2018, Sun Yu memutuskan mundur dari tim nasional bulutangkis China (CBA) pada usia 24 tahun. Lalu pada 2019, dia resmi gantung raket.

Usai memutuskan pensiun dini, banyak yang penasaran tentang masa depan Sun Yu. Kemudian dilansir dari laman Sport Sina, Sun Yu sempat dikabarkan banting setir jadi wasit bulutangkis.

Sun Yu diketahui menjadi wasit berparas cantik dalam acara ‘Lin Dan Badminton Classic’ yang merupakan sebuah laga eksebisi pada 2021.

Lantas, bagaimana kabar terbaru Sun Yu saat ini? Apakah jawara Singapore Open 2015 tersebut benar-benar menggeluti profesi sebagai wasit?