In-depth

Tony Gunawan: Peraih 2 Gelar Kejuaraan Dunia sebagai Orang Indonesia dan Amerika

Selasa, 16 Agustus 2022 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nick Laham/Getty Images
Mantan pebulutangkis Amerika Serikat kelahiran Indonesia Tony Gunawan. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Mantan pebulutangkis Amerika Serikat kelahiran Indonesia Tony Gunawan.

INDOSPORT.COM - Tony Gunawan mungkin satu-satunya orang yang berhasil meraih dua gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis, sebagai orang Indonesia dan Amerika.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan segera dilangsungkan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus. Indonesia mengirimkan 15 wakil terbaiknya.

Sebelum ajang bergengsi ini berlangsung, menarik untuk flashback rekor apa saja yang pernah diukir di Kejuaraan Dunia.

Salah satunya, yakni kiprah pebulutangkis legendaris Indonesia, Tony Gunawan yang pernah menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2001 di Seville, Spanyol.

Kala itu, Tony Gunawan berpasangan dengan Halim Heryanto di sektor ganda putra, menghadapi Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon (Korea) di babak final.

Sebagai sosok yang pernah meraih medali emas Olimpiade 2000 (bersama Candra Wijaya), Tony Gunawan tak mengalami kendala yang berarti saat membekuk Korea.

Tony Gunawan/Halim Heryanto menang dengan skor telak 15-0, 15-13 atas lawan, dan menegaskan dirinya sebagai pemain ganda putra terbaik pada masanya.

Namun, siapa sangka, setelah itu Tony Gunawan pindah ke Amerika Serikat dan memutuskan menjadi warga negara tersebut. 

Di sisi lain, Tony Gunawan juga mengaku tidak bisa begitu saja meninggalkan dunia bulutangkis yang sudah memberinya gelar tertinggi, Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Maka dari itu, Tony Gunawan kembali menekuni olahraha bulutangkis, meskipun ia sudah berpindah kewarganegaraan menjadi Amerika Serikat, dan membela negara baru.