Musuh Bebuyutan Malaysia, Rexy Mainaky Tak Sungkan Pinjam Raket hingga Curi Ilmu

Jumat, 21 Oktober 2022 17:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Toshifumi Kitamura/AFP via Getty Images
Legenda ganda putra Indonesia Ricky Subagja/Rexy Mainaky di Asian Games. Copyright: © Toshifumi Kitamura/AFP via Getty Images
Legenda ganda putra Indonesia Ricky Subagja/Rexy Mainaky di Asian Games.

INDOSPORT.COM - Walaupun telah menjadi musuh bebuyutan Malaysia saat masih aktif sebagai atlet bulutangkis, Rexy Mainaky tak sungkan meminjam raket hingga curi ilmu.

Sebagaimana diketahui, Rexy Mainaky saat ini menjabat sebagai salah satu pelatih elit di Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM). Ia memberi banyak gelar untuk Negeri Jiran.

Namun, jauh sebelumnya, saat Rexy masih aktif sebagai atlet ganda putra Indonesia, berpasangan dengan Ricky Subagja, dan memiliki musuh bebuyutan di Malaysia.

Di awal-awal kemunculannya, Rexy/Ricky kerap berjumpa pasangan legendaris asal Malaysia, yakni Razif Sidek/Jalani Sidek.

Kemudian, Rexy/Ricky juga seringkali saling sikut dengan ganda unggulan, Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang, termasuk saat Cheah Soon berpasangan dengan Yap Kim Hock.

Rexy/Ricky pernah menaklukkan Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang di final World Grand Prix Finals 1992 di Kuala Lumpur, berlanjut di final Malaysia Open 1993.

Tak pelak, atlet dan penggemar bulutangkis Malaysia menganggap Rexy/Ricky adalah musuh bebuyutan, dan juga sebaliknya.

Namun, ada cerita unik di mana sebelum aroma persaingan itu terasa, Rexy Mainaky pernah meminjam raket sampai mencuri ilmu dari legenda, Razif Sidek/Jalani Sidek.

"Ini ada cerita lucu juga, saya sama Ricky main di Kanada (Open) dan Amerika (US Open). Di Kanada kita final bertemu Razif/Jalani," ucap Rexy pada Ameer Zainuddin.

"Saya waktu itu belum lama pindah dari single ke double, jadi saya main depannya belum terlalu smooth, saya cuma bisanya smash saja, sampai raket saya habis."