In-depth

INDOSPORT Rewind 2022: Momen Penting Tenis, Djokovic Diboikot hingga Pensiunnya Serena-Federer

Jumat, 30 Desember 2022 15:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM – Deretan momen pahit dan manis di dunia tenis terjadi di sepanjang tahun 2022. Dimulai drama Novak Djokovic diboikot dari Australian Open hingga pensiunnya dua legenda terhebat Serena Williams dan Roger Federer.

Ada banyak kejadian sepanjang 2022 yang mewarnai cabang olahraga tenis. Persaingan antar pemain top dunia hingga perjuangan petenis Indonesia di luar negeri pun jadi sorotan.

Novak Djokovic misalnya, memulai musim 2022 dengan nasib pahit setelah dicekal tidak boleh bertanding di Australian Open karena isu vaksinasi COVID-19.

Petenis yang juga melewatkan US Open karena masalah serupa ini akhirnya mampu menutup musim dengan catatan gemilang, yakni menjadi ATP Finals ketujuh sepanjang kariernya.

Sementara itu, rival sengit Djokovic, Rafael Nadal, mempertajam rekornya sebagai pemegang gelar grand slam putra terbanyak, yakni 22 gelar unggul dari The Joker dan Roger Federer.

Di awal tahun, dunia juga sempat dikejutkan dengan pecahnya invasi Rusia ke Ukraina. Insiden ini membuat pihak ATP, WTA dan Wimbledon kompak memboikot petenis Rusia dan Belarusia dari turnamen tenis internasional.

Keputusan ini berdampak besar pada nasib Daniil Medvedev yang sempat mengkudeta peringkat 1 dunia dari Djokovic, sehingga dia harus lengser ke peringkat ke-7.

Tak lupa juga, tenis kehilangan dua figure terhebat sepanjang masa dalam kurun waktu satu bulan. Petenis wanita terhebat Serena Williams asal Amerika Serikat memutuskan gantung raket, disusul petenis pria terhebat, Roger Federer.

Dari kancah tanah air, tiga petenis Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa. Mereka adalah Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi yang raih emas SEA Games 2021 dan Priska Madelyn Nugroho yang memborong banyak trofi.

Di paruh kedua musim ini, dunia tenis Indonesia juga terhibur dengan acara fun tournament “Tiba-tiba Tenis VinDes” yang diprakarsai Vincent Rompies dan Desta.

Untuk menengok kembali momen-momen menarik di dunia tenis sepanjang 2022, berikut ini INDOSPORT memaparkan versi ‘rewind’ untuk dikenang sepanjang masa: