BL Indonesia dan Malaysia Panas! BAM Tak Terima Sikap Rasis Pelatih Bulutangkis di China

Senin, 13 Februari 2023 18:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak terima usai pelatih bulutangkis di China, Bong Guang Yik melontarkan komentar rasis. Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak terima usai pelatih bulutangkis di China, Bong Guang Yik melontarkan komentar rasis.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak terima usai pelatih bulutangkis di China, Bong Guang Yik melontarkan komentar rasis yang membuat badminton lovers (BL) Indonesia dan Malaysia panas.

Jagat bulutangkis Malaysia tengah dihebohkan dengan komentar rasis mantan pebulutangkis Malaysia bernama Bong Guang Yik yang mengkritik pedas Pelatnas BAM.

Sekadar informasi, Bong Guang Yik menjadi viral karena menyoroti kegagalan tim bulutangkis Malaysia di ajang Malaysia Open 2023 yang dihelat Januari lalu.

Bong Guang Yik lantas menyinggung jajaran BAM yang didominasi ras Melayu dan beragama Islam. Hal ini lantas menuai kritikan BL Malaysia hingga Indonesia.

BAM sendiri mengambil langkah tegas dengan mengajukan keluhan ke Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Karena Bong Guang Yik diketahui sebagai pelatih bulutangkis di China.

“Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) mengutuk komentar rasis menjijikkan yang diposting oleh seorang warga Malaysia yang tinggal di China. Warga Malaysia yang sedang melatih di China memposting videonya di TikTok,” tulis BAM.

“BAM benar-benar terkejut dan akan menindaklanjuti masalah ini termasuk mengirimkan keluhan resmi ke (CBA). Komentar yang memecah belah seperti itu tidak memiliki tempat di masyarakat terutama di negara kita dan tidak dapat ditoleransi,” sambung BAM.

Sementara itu, BAM sendiri tengah disibukkan jelang turnamen Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 yang dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Tim bulutangkis Malaysia sendiri berstatus sebagai unggulan keempat dan tergabung di Grup B bersama India, Kazakhstan dan Uni Emirat Arab.

Dengan adanya isu ini, tim bulutangkis Malaysia yang dihuni beberapa pemain bintang seperti Lee Zii Jia hingga Aaron Chia/Soh Wooi Yik diharapkan tetap fokus demi mencapai target BAM yakni semifinal.