In-depth

Syabda Perkasa dan 5 Atlet yang Meninggal Dunia karena Kecelakaan Maut

Senin, 20 Maret 2023 12:53 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMSyabda Perkasa Belawa menambah panjang daftar atlet yang meninggal dunia karena terlibat kecelakaan maut di jalan.

Kabar duka sedang menyelimuti dunia olahraga bulutangkis khususnya di Indonesia, setelah salah satu atlet tunggal putra berbakat Tanah Air, Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia di usia 22 tahun pada Senin (20/03/23) hari ini.

Informasi tersebut disampaikan oleh mantan pebulutangkis Indonesia, Yuni Kartika lewat akun Twitter pribadinya. 

“Telah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa. Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia,” demikian tulis Yuni Kartika.

Syabda Perkasa meninggal dunia karena terlibat kecelakaan di jalan, saat ia dan keluarga hendak menuju Sragen, Jawa Tengah, untuk menghadiri acara pemakaman nenek dari sang ibunda yang baru meninggal dunia.

Di tengah perjalanan kendaraan yang ditumpangi oleh Syabda Perkasa, Ibunda bernama Anik Sulistyowati (49 tahun) serta kakak dan adiknya  dan dikemudikan oleh ayahanda, Muanis Hadi Sutamto, menabrak kendaraan lain di jalan tol Pemalang.

Kecelakaan maut pun tak bisa dihindari hingga merenggut nyawa Syabda Perkasa dan ibundanya, sementara sang ayah tengah kritis kondisinya di rumah sakit Islam Al Ikhlas, Pemalang.

Ucapan duka pun mengalir dari berbagai kalangan atas meninggalnya Syabda Perkasa, termasuk dari federasi bulutangkis Indonesia, PBSI.

"Kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam. Untuk keluarga yang masih dirawat, semoga segera diberi kesembuhan dan kesehatan kembali seperti sedia kala," ucap ketua umum PBSI, Agung Firman Sampurna.

Syabda Perkasa Belawa sendiri sebelumnya sempat dijadwalkan tampil di ajang Ruichang China Masters 2023 untuk sektor tunggal putra, namun ditarik mundur oleh PBSI karena terkenda visa.

Bagi Syabda Perkasa Belawa, ajang China Masters menjadi ajang baginya mengumpulkan poin untuk menaikkan posisinya pada ranking dunia.

Selain itu, ini menjadi momentum baik untuk Syabda yang tahun lalu merengkuh dua gelar juara. Bahkan dia sukses menjuarai Iran Fajr International 2023.

Sebelumnya, bintang muda pelatnas PBSI tersebut juga pernah menyelamatkan muka Indonesia di kejuaraan beregu Piala Thomas 2022.

Syabda Perkasa Belawa bukan satu-satunya atlet yang meninggal dunia karena kecelakaan. Berikut beberapa daftarnya: