x

3 Pebulutangkis Indonesia yang Jadi Raja Ajang-ajang Grand Slam

Rabu, 27 Mei 2020 21:11 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sejumlah pebulutangkis Indonesia pernah merasakan betapa manisnya menjadi raja dalam ajang-ajang level Grand Slam. Salah satunya Hendra Setiawan.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pebulutangkis Indonesia pernah merasakan betapa manisnya menjadi raja dalam ajang-ajang level Grand Slam.

Berbicara mengenai pentas bulutangkis dunia, Indonesia tentu punya sejarah manis. Banyak sekali pebulutangkis Tanah Air yang berhasil mengharumkan Merah Putih di jagat internasional.

Bahkan hingga kini, kejayaan yang sudah terbentuk lama itu tetap mampu terjaga kualitasnya. Setidaknya pada nomor ganda putra, ada pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang menduduki ranking satu BWF.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, tak semua pebulutangkis Indonesia bisa meraih gemilang di ajang-ajang kelas Grand Slam. Hanya ada beberapa nama saja yang bisa menjadi raja Grand Slam, lantaran pernah memenangkan medali emas Olimpiade, juara All England, emas Asian Games, serta Kejuaraan Dunia.

Lalu, siapa saja para pebulutangkis Indonesia berlabel raja Grand Slam tersebut? Redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut.


Hendra Setiawan

Hendra Setiawan foto bersama sang anak Russel

Hendra Setiawan namanya hingga kini masih aktif di pentas bulutangkis internasional nomor ganda putra. Karier Hendra Setiawan saat ini dijalani bersama pasangannya, Mohammad Ahsan, menduduki ranking dua ganda putra dunia BWF.

Reputasi Hendra Setiawan sendiri terkenal sebagai pebulutangkis Indonesia yang punya prestasi gemilang dalam ajang-ajang Grand Slam. Hendra Setiawan pernah memenangkan medali emas Olimpiade, juara All England, emas Asian Games, serta Kejuaraan Dunia.

Emas Olimpiade diraih Hendra Setiawan bersama Markis Kido pada 2008. Kalau juara All England, Hendra Setiawan dua kali menyabetnya saat berpasangan dengan Mohammad Ahsan, yakni edisi 2014 dan 2019.

Soal Kejuaraan Dunia, Hendra Setiawan tergolong paling sakti, karena empat kali bisa meraih gelar juara. Sementara emas Asian Games, diraih Hendra Setiawan dalam dua edisi berbeda, 2010 dan 2014.

Baca Juga
Baca Juga

Ricky Subagja

Ricky Subagja

Nama Ricky Subagja merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang dulu aktif di nomor ganda putra. Karier Ricky Subagja tak sembarangan, karena dirinya juga dikenal sebagai raja Grand Slam.

Bagaimana tidak, kiprah Ricky Subagja pernah memenangkan ajang-ajang bergengsi seperti medali emas Olimpiade, juara All England, emas Asian Games, serta Kejuaraan Dunia. Catatan prestasi yang sungguh mengesankan.

Emas Olimpiade diraih pada 1996. Kalau ajang All England, Ricky Subagja dua kali juara, yakni pada 1995 dan 1996.

Kejuaraan Dunia, Ricky Subagja juga dua kali memenangkannya, 1993 serta 1995. Paling gemilang soal Asian Games, ia empat kali meraih emas, tepatnya dua di edisi 1994, serta dua lainnya pada 1998.


Rexy Mainaky

Pelatih bulutangkis, Rexy Mainaky.

Tadi kita sudah melihat capaian dari Ricky Subagja. Kalau ditelusuri secara lebih detail lagi, kegemilangan Ricky tak lepas dari kinerja pasangannya, Rexy Mainaky.

Status Rexy Mainaky juga merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang menjadi raja Grand Slam. Rexy Mainaky berhasil memenangkan medali emas Olimpiade, juara All England, emas Asian Games, serta Kejuaraan Dunia.

Rexy meraih emas Olimpiade 1996 bersama Ricky. Kejuaraan Dunia 1995, didapatkannya bersama Ricky pula.

Ajang All England, catatan prestasinya juara edisi 1995 dan 1996. Terakhir, Asian Games, empat medali emas berhasil dibawa pulang oleh Rexy, dua di edisi 1994, dan dua lainnya pada 1998.

Hendra SetiawanGrand SlamRicky SubagjaRexy MainakiTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini