x

Pindah Kewarganegaraan, Tony Gunawan Bongkar Kekurangan Indonesia

Senin, 1 Juni 2020 17:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pebulutangkis yang putuskan hijrah ke Amerika Serikat, Tony Gunawan bongkar kekurangan pola kepelatihan di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tony Gunawan dikenal publik sebagai salah satu legenda ganda putra terbaik di Indonesia. Putuskan pindah kewarganegaraan ke Amerika Serikat, dirinya beberkan kekurangan pola latihan di Tanah Air.

Sebelumnya, Tony Gunawan menjadi pelopor kebangkitan olahraga tepok bulu sektor ganda putra di Indonesia hingga dikenal dunia. Berbagai prestasi seperti medali emas Olimpiade, All England, dan bahkan Juara Dunia Bulutangkis sukses dipersembahkan olehnya.

Saat itu, Tony Gunawan dipasangkan dengan Candra Wijaya dan Halim Haryanto hingga terbilang sukses persembahkan banyak gelar bergengsi. Akan tetapi, segalanya berubah ketika dirinya putuskan untuk hijrah menjadi warga negara Amerika Serikat pada 2002 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah putuskan untuk menjadi warga negara lain, Tony Gunawan bongkar berbagai kekurangan bulutangkis di Indonesia. Berdasarkan pandangannya, tanah kelahirannya itu terkesan lebih menghabiskan waktu untuk bermain-main saja.

"Ketika saya masih bermain di Indonesia, kami terlalu banyak bermain-main dan terlalu banyak mencoba hal-hal lain," ucap Tony Gunawan dalam podcast bertajuk A Year on Tour with Vittinghus.

Dirinya pun membedakan pola kepelatihan di Indonesia itu dengan negara lain, terutama Amerika Serikat. Bagi Tony Gunawan hal itu disebabkan oleh kultur budaya yang juga berbeda-beda.

Baca Juga
Baca Juga

"Melatih di Amerika adalah salah satu budaya tersulit yang saya hadapi. Jika di Indonesia atau Asia, kami hanya perlu bicara dan pemain langsung mengikuti. Tapi, di sini kami harus lebih dulu menjelaskan kepada pemain dan orang tua," tambahnya lagi.

Setelah putuskan untuk pindah dari Indonesia, Tony Gunawan lantas lebarkan karier di Negeri Paman Sam dan jadi pelatih bulutangkis disana. Uniknya, eks atlet kelahiran Surabaya beralih ke kewarganegaraan karena awalnya tertarik untuk menuntut ilmu saja.

Terlepas dari itu, penilaian Tony Gunawan terkait kekurangan pola kepelatihan di Indonesia sukses ditutupi dalam waktu beberapa tahun terakhir. Terbukti dengan keberhasilan negeri kepulauan ini mencetak banyak atlet berbakat yang kerap harumkan nama bangsa.

Amerika SerikatIndonesiaTony GunawanCandra Wijaya/Tony GunawanHalim HaryantoRaketBulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler