x

Belum Comeback Pasca Operasi, Isyarat Roger Federer Pensiun?

Jumat, 18 September 2020 14:26 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer belum ada tanda-tanda akan segera kembali bertanding dalam waktu dekat.

INDOSPORT.COM - Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer belum ada tanda-tanda akan segera kembali bertanding dalam waktu dekat.

Roger Federer sendiri terakhir kali bertanding pada Australia Terbuka 2020. Dalam kompetisi tersebut, langkah Federer terhenti di semifinal oleh Novak Djokovic.

Baca Juga
Baca Juga

Pasca laga tersebut, petenis asal Swiss itu dilaporkan mengalami cedera pada bagian lututnya. Ia pun harus turun ke meja operasi pada Februari 2020.

Kini, setelah tujuh bulan, Federer masih belum menunjukkan batang hidupnya dalam turnamen. Padahal, meskipun sebagian besar turnamen ditunda karena virus corona, tetap ada yang bergulir.

Contohnya seperti US Terbuka yang selesai bergulir pada 13 September 2020 dan turnamen Italia Terbuka 2020 yang tengah bergulir.

Terkait masih belum comebacknya Federer ke kompetisi, sang pelatih, Severin Luthi akhirnya angkat bicara. Ia menjelaskan faktor kesehatan menjadi alasan utamanya.

"Masih butuh proses panjang untuk benar-benar pulih. Saya dan Federer juga masih mempertimbangkan kondisi selama pandemi virus corona ini," ujar Luthi seperti dikutip dari laman Tennis Head.

"Sampai saat ini kamu belum membicarakan soal kompetisi. Kami tidak ingin menentukan turnamen apa yang akan diikuti karena itu secara tidak langsung memberi batasan bagi Federer," jelas Luthi lebih lanjut.

Terkait proses pemulihan cedera Federer pasca operasi, Luthi mengatakan anak didiknya itu sama seperti petenis lainnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Proses rehabilitasi berjalan dengan baik dan tanpa kendala yang serius. Sama seperti orang yang habis operasi, ada hari buruk dan baik bagi Federer selama proses ini," pungkas Luthi.

Sekadar informasi, Roger Federer sendiri ramai diisukan akan segera pensiun. Pasalnya, saat ini ia telah menginjak usia 39 tahun, sebuah usia yang tentunya sudah tidak terlalu fit untuk tetap tampil di level kompetitif.

Roger FedererTenisBerita Tenis

Berita Terkini

Berita Terpopuler