x

Tak Masukkan Cai Yun/Fu Haifeng, Media China Malah 'Sindir' Pemain Indonesia

Minggu, 27 September 2020 09:30 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng tidak ada dalam daftar raja ganda putra oleh BWF, media China malah sindir pasangan Ineonsia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon,

INDOSPORT.COM - Nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng tidak dimasukkan dalam daftar raja ganda putra oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), media China malah sindir Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, kok bisa?

Beberapa waktu lalu, BWF diketahui merilis nama-nama pemain yang mereka sebut sebagai raja ganda putra. Setidaknya ada delapan nama pebulutangkis di sana, mulai dari Jung Jae-sung hingga Lee Yong-dae.

Baca Juga
Baca Juga

Tetapi, dari daftar pebulutangkis yang dirilis sebagai raja ganda putra, nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng memang tidak ada di sana. Sembari protes, media China malah 'menyindir' pasangan Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Namun sebelumnya, berikut ini rincian gelar pebulutangkis yang disebut BWF sebagai raja ganda putra:

Jung Jae-sung

Salah satu legenda ganda putra Korea Selatan, Jung Jae-sung menempati daftar kelima sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Eks rekan duet yang telah meninggal dunia akibat serangan jantung tersebut diketahui telah mengoleksi 22 gelar yang terbagi atas 18 gelar Super Series dan 4 gelar Grand Prix.

Ko Sung-hyun

Legenda ganda putra Korea Selatan lainnya yakni Ko Sung-hyun juga masih menempati daftar kelimat sebagai pemain yang disebut BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Pebulutangkis Ko Sung-hyun diketahui juga telah mengoleksi 22 gelar yang terbagi ke dalam 3 gelar BWF World Tour, 6 gelar Super Series dan 13 gelar Grand Prix.

Hendra Setiawan

Legenda ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 diketahui telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi menjadi 4 gelar BWF World Tour, 18 gelar Super Series dan 4 gelar Grand Prix.

Yoo Yeon-seong

Satu lagi legenda Korea Selatan, yakni Yoo Yeon-seong yang menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Sejauh ini, pemain ganda putra  yang pernah menempati peringkat 1 dunia tersebut telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi menjadi 19 gelar Super Seris dan 7 gelar Grand Prix.

Carsten Mogensen

Salah satu legenda Denmark yang belum lama mengumumkan pensiunnya dari dunia bulutangkis yakni Carsten Mogensen juga menempati daftar keempat sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Eks rekan duet Mathias Boe diketahui telah mengoleksi 26 gelar yang terbagi ke dalam satu gelar BWF World Tour, 16 gelar Super Series hingga 9 gelar Grand Prix.

Mathias Boe

Legenda bulutangkis Denmark lainnya yang juga pernah menempati peringkat 1 dunia yakni Mathias Boe menempati daftar ketiga sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra.

Eks rekan duet Carsten Mogensen tersebut diketahui telah mengoleksi 28 gelar yang terbagi menjadi 3 gelar BWF World Tour, 16 gelar Super Series dan 9 gelar Grand Prix.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menempati daftar kedua sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Pasangan berjuluk The Minions tersebut telah mengoleksi 30 gelar yang terbagi menjadi 16 gelar BWF World Tour, 11 gelar Super Series untuk Marcus Gideon, 10 gelar Super Series untuk Kevin Sanjaya dan 3 gelar Grand Prix dari Marcus Gideon serta 4 gelar Grand Prix dari Kevin Sanjaya.

Lee Yong-dae

Legenda Korea Selatan lainnya yaitu Lee Yong-dae menempati daftar teratas sebagai pemain yang disebut oleh BWF sebagai raja di sektor ganda putra. Lee Yong-dae diketahui telah mengoleksi 30 gelar yang terbagi menjadi 3 gelar BWF World Tour, 37 gelar Super Series dan 11 gelar Grand Prix.

Menurut media China, Sports Sina, sangat aneh nama pasangan Cai Yun/Fu Haifeng tidak masuk dalam daftar raja ganda putra yang dirilis BWF padahal keduanya berhasil meraih medali perak dan emas di Olimpiade serta menjadi Juara Dunia 4 kali.

Namun yang aneh di tengah protes yang dilancarkan oleh media China, mereka malah membawa-bawa nama pasangan ganda putra terbaik Indonesia saat ini yaitu Kevin/Marcus.

Baca Juga
Baca Juga

Dimana menurut media China, benar memang kalau keduanya sampai saat ini telah mengoleksi 30 gelar, tetapi jangan lupa kalau mereka belum menjadi Juara Dunia, dan kerap kali terhenti sebelum mencapai babak final.

Memang saat ini PR besar untuk pasangan ganda putra terbaik Indonesia, yakni Kevin/Marcus adalah meraih gelar Juara Dunia. Setelah gagal di tahun 2019, mungkin tahun 2021 akan menjadi tahun yang baik untuk The Minions bisa menjadi Juara Dunia.

BWFChinaKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaCai Yun/Fu Haifeng

Berita Terkini