x

Jelang Turnamen Seri Asia, Thailand Siapkan Bubble System Komprehensif

Rabu, 30 September 2020 18:55 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
Marcus Gideon bersama dengan Kevin Sanjaya

INDOSPORT.COM - Tim bulutangkis Indonesia bersiap untuk menghadapi turnamen pertama setelah absen panjang akibat pandemi virus corona.

Turnamen yang dimaksud adalah seri Asia di Bangkok, Thailand yang akan dilangsungkan pada 12-31 Januari 2021. Sejumlah prosedur telah dibuat demi kesehatan dan keselamatan para atlet dan ofisial yang berpartisipasi di turnamen Asia Open I, Asia Open II dan BWF World Tour Finals tersebut. 

Badminton World Federation (BWF) bekerja sama dengan Badminton Association of Thailand (BAT) didukung pemerintah Thailand sedang mempersiapkan wadah turnamen dengan bubble system dan protokol kesehatan untuk mengantisipasi virus corona.

Baca Juga
Baca Juga

Selama masa karantina tersebut pemain masih bisa mengikuti sesi latihan yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Penyelenggara telah membuat bubble system, artinya peserta hanya berada dalam satu lingkungan tertentu bersama dengan orang-orang yang sama dalam periode waktu 14 hari karantina. 

Seluruh atlet dan ofisial yang hadir diwajibkan untuk mengikuti test virus corona sebelum bertolak dari negara masing-masing dan beberapa test lagi selama di Bangkok. 

"Kesehatan peserta adalah prioritas utama kami," ujar Khunying Patama Leeswadtrakul, Presiden BAT, dalam konferensi pers virtual yang digelar BWF. 

"Kami telah berkonsultasi dengan berbagai otoritas di Thailand mengenai bagaimana prosedur antisipasi Covid-19 yang efektif, akhirnya kami memutuskan untuk menetapkan bubble system selama periode turnamen seri Asia," cetusnya.

Baca Juga
Baca Juga

Leeswadtrakul menuturkan ia dan tim penyelenggara tengah membuat cetak biru pelaksanaan turnamen. Ia berharap agar seluruh pihak bekerja sama untuk mewujudkan bergulirnya kembali turnamen bulutangkis.

Pemain dan ofisial diminta untuk mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang diberlakukan sesuai dengan ketentuan pemerintah Thailand. 

"Sekali lagi, saya mengimbau bahwa kita harus saling bahu-membahu untuk membuat bulutangkis bisa berjalan kembali dan mendapat dampak seminimal mungkin dari pandemi ini," tuturnya. 

BAT yakin dengan adanya kerjasama berbagai pihak serta dukungan dari pemerintah Thailand, BWF, turnamen seri Asia dapat berjalan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh peserta.

BWFThailandBulutangkisBerita BulutangkisVirus Corona

Berita Terkini