x

Berjuang di Eropa, Bintang Bulutangkis Malaysia Tak Didampingi Hendrawan

Selasa, 2 Maret 2021 10:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Hendrawan dan Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, dipastikan tidak akan didampingi pelatih asal Indonesia, Hendrawan, selama mengarungi turnamen di Eropa.

Dilansir dari The Star Malaysia, Hendrawan termasuk di antara empat pelatih kepala Indonesia di Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang gagal mendapatkan visa jelang keberangkatan mereka ke Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Tiga pelatih lainnya yang bernasib sama dengan Hendrawan adalah Flandi Limpele (ganda putra), Indra Wijaya (tunggal putri) dan Paulus Firman (ganda campuran).

Alhasil, Hendrawan pun tidak bisa mendampingi Lee Zii Jia yang bakal mengawali perjalanannya di Swiss Open 2021 yang mulai bergulir pada hari ini, Selasa (02/03/21) hingga 7 Maret mendatang.

Sebagai gantinya, Lee Zii Jia akan ditemani oleh direktur pelatih Wong Choong Hann selama penampilannya di Basel. Namun saat tampil di All England (17-21 Maret), pemain peringkat 11 dunia ini akan didampingi Datuk Tey Seu Bock.

Seu Bock, yang berusia 48 tahun, itu juga terpaksa melewatkan perjalanan ke Swiss Open pekan lalu pada Sabtu (27/02/21) bersama tim Malaysia lantaran gagal mendapatkan izin dari Departemen Imigrasi.

Namun, dia akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk bergabung dengan tim saat di Birmingham untuk All England 2021. Hal ini dikonfirmasi  langsung oleh sekretaris BAM, Datuk Kenny Goh.

“Sayangnya, keempat pelatih Indonesia tidak disetujui. Bepergian selama COVID-19 jauh lebih rumit karena kami perlu mengajukan izin perjalanan melalui MyTravelPass untuk masuk dan keluar negara,” ujar Kenny Goh.

“Kami bahkan membuat aplikasi ini sebelum Tahun Baru Imlek.”

“Kami harus berterima kasih kepada National Sports Council (NSC) atas bantuannya. Saya yakin mereka akan membahas masalah ini dengan Departemen Imigrasi karena ini akan memengaruhi atlet dan ofisiel dari olahraga lain juga ketika mereka bertanding di luar negeri,” imbuhnya.

Ketidakhadiran Seu Bock yang menggantikan Hendrawan, selama keberangkatan tim pada Sabtu kemarin juga membuat beberapa orang terkejut. Untungnya, Kenny Goh juga menjelaskan alasannya.

Baca Juga
Baca Juga

“Tidak ada masalah. Kami mendaftar untuk kedua turnamen, Seu Bock mendapat persetujuan untuk All-England tetapi tidak di Swiss Open,” kata Kenny.

“Jadi dia dipastikan akan ada di sana untuk (menemani Lee Zii Jia) di All-England. Dia akan bepergian bersama Kisona dan yang lainnya.”


1. Lee Zii Jia Diharapkan Bangkit

Lee Zii Jia, pebulutangkis tunggal putra Malaysia.

Saat tim Malaysia berangkat Swiss, mereka hanya didampingi dua orang asisten pelatih, yakni Tan Bin Shen (ganda putra) dan Teo Kok Siang (ganda campuran).

Sedangkan pelatih Loh Wei Sheng (tunggal putri) hanya akan melakukan perjalanan ke Inggris nanti bersama anak didiknya, Kisona. Pemain peringkat 62 dunia  itu hanya ditugaskan ke All-England.

Sebagai unggulan kedua di Swiss Open, Zii Jia dijadwalkan untuk melawan pemain Korea Selatan, Heo Hwang-hee di babak pertama. Dia juga berpeluang jumpa dengan Kento Momota di  babak perempat final.

Sementara, di bawah bimbingan Seu Bock selama di All England, Lee Zii Jia diharapkan bisa bangkit kembali untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya.  

Lee Zii Jia memang sedang berada di bawah tekanan besar menyusul penampilan buruknya dalam tiga turnamen Tur Dunia berturut-turut di Bangkok bulan lalu.

MalaysiaHendrawanBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita BulutangkisSwiss Open 2021All England 2021

Berita Terkini