x

Jawara Singapore Open yang Memutuskan Jadi Orang Indonesia

Sabtu, 15 Mei 2021 20:00 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
Huang Hua, jawara Singapore Open yang memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan eks pebulutangkis bintang China di sektor tunggal putri.

INDOSPORT.COM - Huang Hua, jawara Singapore Open yang memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan eks pebulutangkis bintang China di sektor tunggal putri.

Huang Hua merupakan eks pebulutangkis China yang pernah menjuarai Singapore Open 1991. Gelar itu didapatkannya setelah mengalahkan Zhou Lei dengan skor 11-5, 7-11, 11-2.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi para penggemar bulutangkis Indonesia, Huang Hua juga dikenal sebagai salah satu lawan sulit dari atlet kebanggaan Tanah Air, Susy Susanti. Keduanya sempat tujuh kali bertemu, dengan catatan jawara Singapore Open berhasil tiga kali mencuri kemenangan.

Bicara mengenai capaian pretasi, berbagai gelar tertinggi sudah pernah diraih Huang Hua pada masanya. Mulai dari dua kali meraih Piala Uber bersama China, Juara Dunia, Emas Asian Games hingga perunggu Olimpiade pernah diraihnya.

Huang Hua memutuskan pensiun di tengah puncak kejayaannya menimbulkan pertanyaan besar, sampai akhirnya legenda bulutangkis China itu angkat suara untuk memimalisir berita-berita tidak menyenangkan.

Keputusan jawara Singapore Open untuk gantung raket di puncak kejayaannya lantaran sang ayah sudah pergi untuk selamanya, dan ketika ayahnya pergi, dirinya tidak bisa melihat untuk yang terakhir kalinya.

Kematian sang ayah ini pun membuat Huang Hua merasa sangat menyesal dan menyalahkan dirinya sendiri, hingga akhirnya keputusan untuk pensiun pun diambilnya karena menurutnya kematian ayahnya sudah membuat kariernya sebagai pebulutangkis papan atas China dan dunia saat itu sudah selesai.

Baca Juga
Baca Juga

Huang Hua pun diketahui bertemu dengan pria Indonesia yang merupakan kerabat dekat dari pelatihnya saat itu yang Tjandra Budi. Berdua mereka sempat menghabiskan kebersamaan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.

Hubungan pebulutangkis keturunan China dengan Tjandra Budi pun berlanjut. Bahkan ketika keduanya sama-sama menempuh pendidikan di Amerika Serikat.


1. Huang Hua Memutuskan Jadi Orang Indonesia

Huang Hua, jawara Singapore Open yang memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan eks pebulutangkis bintang China di sektor tunggal putri.

Pada 1993, Huang Hua dan Tjandra Budi memutuskan untuk menikah. Sempat tinggal di Amerika setelah menikah, keputusan-keputusan penting kemudian diambil jawara Malaysia Open saat itu.

Mulai dari keputusan untuk langsung mengubah status Kewarganegaraan menjadi WNI, memutuskan pensiun dini sebagai pebulutangkis di usia emasnya pada 1993, hingga kemudian memilih untuk mengikuti sang Suami menetap di Klaten, Jawa tengah sejak 1994.

Setelah menikah dan memutuskan pensiun, Huang Hua kemudian sepenuhnya menjadi seorang Ibu Rumah Tangga. Bersama Tjandra Budia Darmawan, Huang Hua kini dikaruniai tiga orang anak. Yang sayangnya, tak satupun dari mereka, mengikuti jejak sang Ibu terjun ke dunia bulutangkis.

IndonesiaChinaBulutangkisBerita OlahragaBerita SportSingapore OpenHuang HuaBerita Bulutangkis

Berita Terkini