x

Pemilik Smash Terkencang Dunia Ingin ke Olimpiade 2024, Terinspirasi Hendra Setiawan?

Jumat, 30 Juli 2021 13:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis Hendra Setiawan bersama pemain Malaysia, Tan Boon Heong di Indonesia Open 2017.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain bulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong, menggoda para penggemarnya untuk kembali ke lapangan. Melalui akun Twitternya, @tanboonheong3, ia bertanya pada pengikutnya tentang wacana bermain di Olimpiade Paris 2024.

“Kalau 2024 aku main di Olimpiade, apakah kalian akan mendukungku? Ada yang rindu pertandingan saya tidak?” cuit Tan Boon Heong, Kamis (29/07/21) malam.

Baca Juga
Baca Juga

Cuitan itu langsung ramai ditanggapi oleh netizen Malaysia. Lebih dari 1.000 komentar dan 25 ribu likes meramaikan cuitan sang legenda bulutangkis Negeri Jiran.

“Dukung!! Tapi main dengan Koo Kien Keat lah. Koo Kien Keat Tan Boon Heong tu macam satu nama. Apakah Anda ingin bermain single?” komentar salah satu netizen.

Tan Boon Heong pun menjawab jika benar-benar comeback, ia akan kembali berpasangan dengan mantan partnernya, Koo Kien Keat.

Tan Boon Heong/Koo Kien Keat telah mengoleksi berbagai medali bergengsi. Selain juara 10 BWF Superseries, pasangan ini pernah menjadi runner up Kejuaraan Dunia 2010 dan membawa pulang medali emas Asian Games 2006.

Namun Tan Boon Heong sepertinya masih penasaran dengan Olimpiade. Bersama Koo Kien Keat, ia kurang beruntung di ajang pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Di Olimpiade London 2012, pasangan ini mencapai semifinal, tapi takluk di laga perebutan medali perunggu dari ganda Korea Selatan. Sementara di Olimpiade Rio 2016, mereka tak lolos kualifikasi.


1. Terinspirasi Hendra Setiawan?

Hendra Setiawan/Tan Boon Heong di Indonesia Open 2017.

Kini berusia 33 tahun, mungkinkah Tan Boon Heong masih penasaran ingin bertanding lagi layaknya mantan partner, Hendra Setiawan yang kini masih berjuang di Olimpiade Tokyo 2020?

Ya, pasangan gado-gado Malaysia-Indonesia ini memang pernah berpasangan pada 2017 silam. Keduanya debut di turnamen Syed Modi International dan mencapai babak perempatfinal.

Tan Boon Heong/Hendra Setiawan lalu mencapai partai final di Australia Open, tetapi takluk di tangan pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Terakhir pada 2019, Tan Boon Heong masih berlatih bersama Goh V Shem, Tan Wee Kiong, Goh Liu Ying, dan Chan Peng Soon setelah mereka mengundurkan diri dari pelatnas.

Tan Boon Heong juga diingat oleh para pencinta bulutangkis sebagai pemilik smash terkencang di dunia. Pada Japan Open 2009, ia mencetak rekor dunia smash dengan kecepatan 421 km/jam.

OlimpiadeMalaysiaOlimpiade 2024Tan Boon HeongHendra Setiawan/Tan Boon HeongBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini