x

Indonesia Juara Piala Thomas, Hendrawan: Tongkat Estafet Sudah Saya Serahkan

Selasa, 19 Oktober 2021 20:27 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih bulutangkis Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, mengungkapkan rasa bangganya ketika Anthony Ginting dkk juara Piala Thomas 2020.

INDOSPORT.COM – Pelatih bulutangkis Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, mengungkapkan rasa bangganya ketika Anthony Ginting dkk juara Piala Thomas 2020 pada Minggu (17/10/21) kemarin di Aarhus, Denmark.

Hendrawan sendiri menjadi bagian dari tim Indonesia yang menggondol Piala Thomas pada 1998, 2000, dan 2002 silam. Kini setelah 19 tahun, akhirnya tongkat estafet itu pun bergulir.

Baca Juga
Baca Juga

Sosok berusia 49 tahun ini pun mengungkapkan rasa suka citanya melalui sebuah unggahan di Instagramnya.

“Sejarah Sudah Berganti. Akhirnya dengan bangga tongkat estafet sudah saya diserahkan kepada Team Piala Thomas 2020....Melihat perjuangan kalian dari penyisihan grup, kalian semua Pantas juara dan membawa pulang Piala Thomas,” tulisnya.

“Setiap mendekati ajang Piala Thomas...selalu banyak wartawan yang bertanya kepada saya soal kemenangan Piala Thomas 2002...saya harap setelah ini,sudah tidak ada yg bertanya lagi kepada saya sudah waktunya sejarah berganti kepada generasi yang sekarang, Team Piala Thomas 2020.”

“Sekali lagi selamat ya Team Piala Thomas 2020,” tutupnya.

Baca Juga
Baca Juga

1. Jadi Pahlawan Piala Thomas 19 Tahun Lalu

Kemenangan Piala Thomas 2020 tanpa bendera merah putih.

Pada 19 tahun lalu, Hendrawan menjadi penentu kemenangan tim putra Indonesia. Ketika itu mereka melawan Malaysia di partai final yang berlangsung di Guangzhou, China.

Poin pertama berhasil direbut Malaysia lewat Wong Choong Hann yang mengalahkan Marleve Mainaky. Lalu kedudukan disamakan oleh ganda putra Candra Wijaya/Sigit Budiarto yang menghempaskan Chan Chong Ming/Chew Choon Eng.

Namun di partai ketiga, Taufik Hidayat gagal mencuri poin setelah menyerah dari Lee Tsuen Seng. Kedudukan lalu kembali disamakan oleh Halim Haryanto/Tri Kusharyanto yang mengalahkan Choong Tan Fook/Lee Wan Wah.

Lalu di partai penentuan, Hendrawan dengan heroik mengandaskan perlawanan Roslin Hashim dalam tiga set dan memastikan gelar juara Piala Thomas yang ke-13 untuk Indonesia.

Barulah 19 tahun kemudian, Piala Thomas kembali lagi ke pangkuan ibu pertiwi. Dalam partai pamungkas melawan China, tim bulutangkis Indonesia juara dengan skor 3-0 berkat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Jonatan Christie.

Piala ThomasMalaysiaHendrawanBulutangkisBerita BulutangkisPiala Thomas 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler