x

Mundurnya Jonatan dan Ginting di Denmark Open Jadi Sorotan Media Malaysia

Minggu, 24 Oktober 2021 12:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pebulutangkis tunggal putra indonesia Anthony Sinisuka Ginting di Piala Thomas.

INDOSPORT.COM – Dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, menjadi sorotan di Malaysia setelah memutuskan mundur di tengah pertandingan Denmark Open 2021 karena cedera.

Media asal Malaysia, The Star, pada hari Minggu (24/10/21) mengupas satu masalah pelik yang terjadi selama gelaran Denmark Open 2021. Yakni, mundurnya sejumlah pebulutangkis papan akibat cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Dua di antaranya adalah pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, yang sebelumnya berhasil membawa pulang Piala Thomas 2020 untuk pertama kalinya dalam 19 tahun.

Jojo (sapaan Jonatan) sempat mengeluhkan rasa nyeri di pinggangnya ketika tampil di perempat final Denmark Open menghadapi pebulutangkis no.1 dunia, Kento Momota.

Pemain no. 7 dunia itu kalah di game pembuka 13-21 dan tertinggal 0-15 di game kedua sebelum dia meminta tim medis untuk memeriksa kondisinya dan akhirnya menyatakan retired.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting lebih dulu mundur di babak pembuka Denmark Open setelah tertinggal 1-4 melawan Thomas Rouxel dari Prancis.

Otot pinggang atlet 24 tahun itu mengalami overuse injury. Cedera ini disebabkan oleh penggunaan satu bagian tubuh secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.  

The Star mencatat bahwa cederanya Jonatan dan Ginting bukanlah hal yang mengherankan mengingat kedua pemain ini sudah bekerja keras sejak Olimpiade Tokyo pada bulan Juli.

Baca Juga
Baca Juga

Tak sampai dua bulan, Jojo dan Ginting terbang ke Eropa untuk melakoni Piala Sudirman 2021 di Finlandia, Piala Thomas 2020 di Aarus Denmark, dan Denmark Open di Odense.

Cedera dan penampilan yang tampak kelelahan yang ditunjukkan Jojo dan Ginting juga dikomentari oleh legenda bulutangkis Malaysia, Datuk Rashid Sidek.

“Ada begitu banyak turnamen di paruh kedua tahun ini dan ini tidak bisa dihindari,” kata Rashid, melansir dari The Star.


1. Jadwal Padat Jadi Penyebab Pemain Cedera

Jonatan christie tunggal putra Indonesia

Karena pandemi Covid-19, beberapa turnamen besar bahkan harus ditunda ke paruh kedua tahun ini. Alhasil, jadwal pertandingan pun jadi ketat, dan para pemain tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk me-recovery tubuhnya jelang turnamen berikutnya. 

“(Jadwalnya) ini ketat karena ada turnamen Open juga. Setelah Denmark Open ini, akan ada turnamen di Prancis dan Jerman. Kemudian, ada Opens di Indonesia pada bulan November,” lanjut Rashid Sidek.

“Pemain harus bijaksana dan mencapai puncak dalam turnamen yang mereka lakoni. Mereka harus menjaga tubuh mereka.”

“Saya yakin badan dunia (Badminton World Federation) sedang melakukan yang terbaik untuk menjaga dunia bulutangkis tetap hidup setelah jeda panjang akibat Covid-19 pada 2020,” tambahnya.

Selain Ginting dan Jojo, sejumlah nama yang mundur dari Denmark Open di antaranya ganda putri Chen Qingchen/Jia Yifan dari China dan unggulan keenam Nami Matsuyama/Chiharu Shida dari Jepang, He Jiting/Liu Xuanxuan dari China (ganda campuran), P. Kashyap dan Sameer Verma dari India (tunggal putra).

Selain cedera, beberapa pemain papan atas juga bermain kurang apik dan tersingkir di babak awal, termasuk ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan; dan unggulan ketiga Lee Yang/Wang Chi-lin.

MalaysiaAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieBulutangkisBerita BulutangkisDenmark Open 2021

Berita Terkini