x

Jonatan Christie Bocorkan Andil Besar Hendry Saputra di Luar Lapangan

Rabu, 26 Januari 2022 11:16 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra bulutangkis Indonesia Jonatan Christie buka-bukaan tentang sosok sang pelatih, Hendry Saputra.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie buka-bukaan tentang sosok sang pelatih, Hendry Saputra, ketika menjadi bintang tamu podcast milik Daniel Mananta, bernama Daniel Tetangga Kamu.

Dalam podcast bertajuk Pesan Dari Coach Hendry Untuk Jonatan Christie, terungkap bahwa Hendry Saputra berperan besar dalam kehidupan Jonatan, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Sang pelatih rupanya menanamkan motivasi dan karakter yang kuat terhadap anak-anak didiknya.

“Yang pertama memotivasi memang dari karakter pelatih. Karakter pelatih jujur benar-benar membantu sangat banyak. Bukan dalam di dunia bulutangkis saja, tapi di luar bulutangkis juga banyak andil,” buka pebulutangkis yang akrab disapa Jojo ini.

“Dalam dunia kerohanian juga, bagaimana cara berpikir untuk menyikapi berbagai keadaan yang kita hadapi saat ini, segala macam. Jadi memang beliau salah satu orang yang paling pengaruh sih sejujurnya.”

Baca Juga
Baca Juga

Juara Asian Games 2018 ini melanjutkan, sosok Hendry Saputra juga selalu memberikan pelajaran-pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena kalau boleh dibilang, waktu paling lama justru sama dia nih, belakangan ini. Kebetulan dia beragama Kristen kan, jadi setiap sebelum mulai latihan tuh selalu pasti sharing tentang pengalaman dia, terus mengenai bulutangkis dan disamakan dengan kehidupan di luar,” papar Jojo.

Baca Juga
Baca Juga

“Kalau di bulutangkis kita harus tetap konsisten, ketika juara kita gak boleh menjadi sombong. Sama dengan dunia luar, ketika kita punya uang, kita harus rendah hati, segala macam, istilahnya kayak gitulah,” lanjutnya.


1. Motivasi Terbesar

Hendry Saputra, pelatih bulutangkis PBSI.

Hal lain yang tertanam di keseharian Jonatan Christie adalah bagaimana Hendry Saputra mengajarkan tentang motivasi.

“Yang memotivasi tuh harus tahu tujuannya di depan apa, lihat lagi di belakang tuh seperti apa kita. Jadi ketika kita lagi malas, ingat kita melakukan ini tuh untuk apa sih? Kalau kita gak punya tujuan, tanpa arah aja, jadinya malas,” beber pemain berusia 24 tahun ini.

Tak hanya sosok sang pelatih yang menempa Jonatan Christie hingga menjadi pebulutangkis kelas dunia. Sang ayah, rupanya sudah menggembleng Jojo sejak kecil, meski memiliki dasar pengetahun bukan di olahraga bulutangkis.

Hendry Saputra sendiri kini tak lagi menjadi pelatih kepala tunggal putra di Pelatnas PBSI. Kontraknya yang habis pada Desember 2021 lalu rupanya tak diperpanjang usai mengabdi selama tujuh tahun di pelatnas.

Jonatan ChristieHendry SaputraBulutangkisBerita BulutangkisDaniel Mananta

Berita Terkini

Berita Terpopuler