x

SEA Games 2021: Dicurangi Hakim Garis saat Lawan Tuan Rumah, Putri KW Buka Suara

Kamis, 19 Mei 2022 17:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani di laga SES Games 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Merasa dicurangi hakim garis di babak 16 besar bulutangkis tunggal putri ajang SEA Games 2021 Vietnam, Putri Kusuma Wardani akhirnya buka suara.

Bermain di Bac Giang Gymnasium, Kamis (19/5/22), Putri Kusuma Wardani akhirnya menang atas wakil tuan rumah, Nguyen Thuy Linh dua gim langsung, 21-9, 21-17.

Baca Juga

Walau menang, ada banyak drama yang terjadi di lapangan. Hakim garis kerap memberi keputusan keliru. Bola masuk dianggap keluar, bola out dianggap in.

Semua keputusan itu merugikan Putri Kusuma Wardani, dan menguntungkan Nguyen Thuy Linh sebagai tuan rumah.

Padahal, Putri KW boleh dibilang bermain sangat apik. Menurutnya, ia telah menerima banyak masukan dari berbagai pelatih, usai kalah di final nomor beregu putri kemarin.

Baca Juga

"Setelah pertandingan kemarin saya diberi evaluasi oleh pelatih, Kak Herli (Djaenudin) dan Koh Didi (Eng Hian), juga dari Kak On (Rionny Mainaky)," ungkap Putri KW.

"Saat sudah unggul, di poin-poin akhir, harus tetap konsisten menjalani pola yang diterapkan. Jangan menurun, mengubah, atau malah hati-hati," jelas Putri KW lagi.

"Pesan itu tadi saya coba terapkan. Di poin-poin akhir kalau kehilangan dua sampai tiga poin, langsung cepat untuk balik ke pola yang diinginkan," tambahnya.

Baca Juga

Benar saja, Putri KW akhirnya menuntaskan pertarungan hari ini dengan kemenangan 21-9, 21-17 atas tuan rumah. Ia pun melaju ke babak perempat final, Jumat (20/5/22).

Putri Kusuma Wardani tak ragu mengusung target medali emas di SEA Games 2021 ini, dan ingin mengembalikan kejayaan sektor tunggal putri Indonesia di kancah dunia.


1. Menang, Gregoria Mariska Belum Puas

Gregoria Mariska Bertanding melawan tunggal putri Vietnam, Nguyen Thuy Linh, di semifinal cabor bulutangkis SEA Games 2021.

Sayangnya, upaya Putri Kusuma Wardani untuk menjadi yang terbaik SEA Games 2021, sempat diwarnai dengan insiden hakim garis yang salah ambil keputusan.

Dalam tayangan ulang, sangat jelas terlihat jika bola milik Putri KW masuk, lalu dianggap keluar. Kemudian saat bola keluar, dianggap masuk dan menjadi poin untuk lawan.

Baca Juga

Puncaknya terjadi di game kedua, saat kedudukan tipis 16-15, bola dari Nguyen keluar di garis belakang permainan Putri, tapi hakim garis memutuskan masuk.

"Sebenarnya bila tidak di poin-poin kritis, saya tidak terlalu memikirkan. Tapi tadi kan poin krusial jadi mengganggu juga," ujarnya.

"Setelah itu saya mencoba tenang dan sabar saja. Fokus satu poin demi satu poin," lanjut pebulutangkis 19 tahun tersebut.

Baca Juga

Kemenangan Putri KW disusul oleh wakil tunggal putri lainnya, Gregoria Mariska Tunjung. Ia menang rubber atas pemain Vietnam, Vu Thi Trang, 17-21, 21-5, 21-14.

"Saya belum puas dengan penampilan saya tapi, dibanding pertandingan sebelumnya Puji Tuhan hari ini bisa lebih sabar. Kalau dari segi permainan memang mirip-mirip."

Baca Juga

"Untuk besok saya ingin lebih tenang lagi, lebih sabar lagi. Di beberapa pertandingan terakhir saya tampil kurang bagus tapi saya mau coba melupakan itu dan tampil lebih maksimal lagi di sini," ungkap Gregoria.

Di babak perempat final, Putri dan Gregoria akan menantang duo Filipina. Putri bertemu Sarah Joy Barredo, sementara Gregoria akan melawan Mikaela Joy De Guzman.


2. Hasil Bulutangkis Indonesia di SEA Games 2021:

Pebulutangkis ganda putri Indonesia, Apriyani/Siti Fadia di laga SES Games 2021. Foto: PBSI

Putri Kusuma Wardani vs Thuy Linh Nguyen 21-9, 21-17

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Sok Rikreay 21-10, 21-12

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong 21-15, 21-15

Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso vs Heng Mengleap/Phon Chenda 21-4, 21-6

Gregoria Mariska Tunjung vs Thi Trang Vu 17-21, 21-5, 21-14

SEA GamesVietnamGregoria MariskaBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler