x

Apriyani/Fadia Sabet Emas SEA Games 2021, Pelatih PBSI Langsung Beri Wejangan

Selasa, 24 Mei 2022 14:48 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian, langsung beri wejangan kepada anak didiknya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang baru sabet emas SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM – Pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian, langsung beri wejangan kepada anak didiknya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang baru sabet emas SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, Apriyani Rahayu/Siti Fadia adalah ganda putri Indonesia yang baru dipasangkan, Keduanya debut  di multievent SEA Games 202.

Baca Juga

Pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, cabang olahraga bulutangkis memainkan 2 kategori, yaitu beregu (16-18 Mei 2022), dan perorangan (19-22 Mei 2022).

Datang tanpa ditargetkan, namun siapa sangka jika Apriyani Rahayu/Siti Fadia sukses membawa pulang medali emas kategori perorangan SEA Games 2021.

Bertanding di Bac Giang Gymnasium, Minggu (22/5/22), Apriyani Rahayu/Siti Fadia menumbangkan unggulan kedua asal Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dengan skor 21-17 dan 21-14.

Baca Juga

Kemenangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia itu sekaligus memastikan langkah Indonesia untuk menggondol 2 medali emas cabor bulutangkis SEA Games 2021.

Satu emas Indonesia lainnya disumbangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang sukses mengalahkan kompatriotnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di final bulutangkis perorangan SEA Games 2021.

Meski Apriyani Rahayu/Siti Fadia sukses dalam debut, namun pelatih Eng Hian mewanti-wanti keduanya jika masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Terutama soal pola permainan dan komunikasi.

Baca Juga

“Terutama saat di lapangan yang saya lebih tekankan ke Apri adalah menahan emosi dan ego. Kita bisa melihat level Fadia berada di bawah Apri,” ucap Eng Hian melansir Antara.

“Tapi Apri tidak bisa memaksakan dia (Siti Fadia) harus bia seperti Greysia Polii atau harus seperti dirinya. Dia harus menahan emosi dan ego, dan komunikasi yang bagus ke Fadia kira-kira kurang lebihnya apa,” sambungnya.


1. Apresiasi dan Target Eng Hian untuk Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Apresiasi dan target pelatih Eng Hian untuk Apriyani Rahayu/Siti Fadia yang baru menyabet emas SEA Games 2021.

Meski berujar demikian, namun Eng Hian melihat bahwa Apriyani Rahayu mampu menjadi sosok pengayom rekannya di lapangan agar tidak merasa tegang di SEA Games 2021.

“Alhamdulillah mereka bisa mengatasi (tantangan), dan kita bisa melihat sosok Apri bisa membawa Fadia mengatasi rasa nervous dan tegang. Apri bisa membimbing,” puji Eng Hian.

Baca Juga

Ke depannya,  Eng Hian berharap bahwa Apriyani Rahayu/Siti Fadia bisa kian kompak dan padu dalam setiap turnamen bulutangkis yang diikuti pasca SEA Games 2021.

Dalam wawancara, Eng Hian memiliki target bahwa Apriyani Rahayu/Siti Fadia bisa mengikuti enam sampai tujuh turnamen pada tahun 2022. Termasuk di turnamen level super 500.

Tujuannya utamanya adalah untuk mendapat posisi ranking dunia ganda putri demi lolos kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

“Jadi nanti kami akan mengikuti turnamen back to back enam sampai tujuh turnamen agar mereka punya posisi ranking dunia,” sambung Eng Hian.

Diketahui, debut Apriyani Rahayu/Siti Fadia sejatinya terdaftar di turnamen bulutangkis German Open 2022 pada 8-13 Maret lalu di Muelheim an der Rurh, Jerman.

Namun debut itu harus tertunda lantaran cedera yang dialami oleh Apriyani Rahayu. Debut mereka kembali tertunda di Swiss Open 2022 (22-27 Maret) dan Korea Open 2022 (5-10 April).

Baca Juga

Sampai akhirnya, Apriyani Rahayu yang merupakan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Greysia Polii itu baru benar-benar siap turun bersama Siti Fadia di SEA Games 2021.

Meski demikian, kini debut  Apriyani Rahayu/Siti Fadia sanggup memberikan medali emas untuk Eng Hian, PBSI, dan tentunya untuk seluruh masyarakat Indonesia.


2. Apriyani Rahayu Bagikan Resep Sabet Emas SEA Games 2021

Apriyani Rahayu menuturkan salah satu kunci sukses kesuksesannya bersama Siti Fadia di SEA Games 2021.

Terlepas dari wejangan yang diberikan pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian, namun menyabet emas SEA Games 2021 adalah bukti kesuksesan dari kerjasama Apriyani Rahayu/Siti Fadia.

Apriyani Rahayu menuturkan bahwa salah satu kunci sukses mereka menjadi juara di laga debutnya ini, lantaran mereka selalu mengeluarkan aura positif saat bersama.

Hal ini juga yang membuat Apriyani Rahayu bersama Greysia Polii sukses menggondol medali emas Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

"Saya selalu bilang ke Fadia, kita harus terus mengeluarkan aura positif di luar lapangan, sehingga bisa masuk ke dalam lapangan," tutur Apriyani Rahayu kepada media.

"Itu juga yang saya lakukan di Olimpiade lalu, dan semangat itu yang saya bawa ke Fadia," lanjut pebulu tangkis 24 tahun itu.

Baca selengkapnya: Raih Emas SEA Games, Apriyani Rahayu Bagikan Resep Juara Olimpiade ke Siti Fadia

PBSIEng HianBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2021Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini

Berita Terpopuler