x

Lakukan Pelecehan ke Volunteer SEA Games 2021, Yeremia Rambitan Dikritik Netizen!

Selasa, 24 Mei 2022 15:25 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM Para penggemar bulutangkis Indonesia digegerkan kabar soal perlakuan tidak sopan ganda putra Yeremia Rambitan kepada volunteer SEA Games 2021.

Seperti yang diketahui, dua wakil ganda putra Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa seusai sukses meraih medali di cabor bulutangkis kategori individu di SEA Games 2021 akhir pekan lalu.

Baca Juga

Dua wakil Indonesia yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin serta Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan berhasil menciptakan All Indonesian Final di sektor ganda putra.

Duel bertajuk Derby Merah Putih itu pun dimenangkan oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang menang dalam dua gim langsung dengan skor 17-21, 19-21 dalam tempo 47 menit.

Ini berarti, Pramudya/Yeremia harus puas mendapatkan medali perak usai dikalahkan oleh rekan senegaranya sendiri di babak pamungkas.

Baca Juga

Namun, siapa yang menyangka bahwa prestasi membanggakan itu harus ternodai oleh sikap tak terpuji yang dilakukan oleh Yeremia Rambitan.

Kejadian ini bermula saat pasangan Pramudya Kusumawardhana itu melakukan siaran langsung atau live streaming di akun TikTok pribadinya.

Nampak tim bulutangkis Indonesia yang hendak kembali ke Tanah Air usai berlaga pun berpisah dengan para volunteer yang telah membantu mereka selama di Vietnam.

Baca Juga

Yeremia Rambitan pun memberikan ucapan perpisahan, namun disela-sela itu secara mengejutkan ia berbicara kata tidak pantas kepada volunteer.

“I love you, I want f**k you,” kata Yeremia sambil tertawa. Tentunya ucapan pasangan Pramudya Kusumawardhana ini pun langsung viral dan membuat netizen kesal.


1. Netizen Langsung Kesal, Minta PBSI Segera Bertindak

Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

Tak hanya sampai di situ, ucapan Yeremia Rambitan yang tak sopan itu malah ditimpali dengan tawaan rekan lainnya.

Hal ini pun membuat netizen sangat kesal. Bagaimana tidak, ucapan Yeremia sudah termasuk sebagai pelecehan seksual secara verbal meski konteksnya hanya sebuah candaan, apalagi jika tidak adanya consent dan bisa berbuntut menyakiti hati.

Baca Juga

Selain itu, netizen pun ingin para pelatih ganda putra maupun PBSI segera mengambil tindakan tegas untuk sikap tak terpuji yang ditunjukkan oleh Yeremia Rambitan.

Kemudian Yeremia Rambitan diminta untuk melakukan permintaan maaf secara terbuka atas sikapnya yang dinilai sangat fatal.

Berikut deretan kritik dan kekesalan netizen:

“Anda harus selalu berpikir sebelum mengatakan apa pun. Ini tidak lucu sama sekali. Pelecehan seksual bukanlah lelucon, apakah itu verbal atau fisik. Itu bisa melukai seseorang selama sisa hidup mereka,” @sb*****

“Menanggapi video viral tentang salah satu atlet ganda putra INA Kami berharap bahwa memang ada suatu pembelajaran dari PBSI kepada tiap atletnya. Tidak hanya skill bermain badminton saja yang diupgrade, tapi juga perilaku dan ucapan” @IN*****

“saya dan teman saya sudah mengirim kasus ini ke yang berwenang (dalam konteks ini, PBSI) dengan kata-kata yang tepat. Saya berharap segera ada tindakan preventif dan represif (bila diperlukan) oleh PBSI terkait kasus ini” @id*****

“tolong seseorang lapotin yere ke coach atau pbsi, kalo bisa sih pbsi kasih tindakan tegas kayak suspend atau apa, "kasian pram dong" justru itu biar dia mikir! dia atlet, main double pula, kalo dia ada salah partner nya pasti ikutan susah, yang rugi bukan cuma dia aja,” @ra****

“udah pernah gw singgung karna bukan pertama kalinya yere bikin ‘onar’ di live. ternyata isunya gak sedangkal penggunaan sosmed, harus lebih mendasar lagi ke etika. sometimes I don’t think he knew it’s sexual harrassment, maybe he’s just stupid and didn’t realized that was wrong” @ch****

Baca Juga

“sebagai cewek yg pernah diposisi gitu gue marah bgt. bahkan gue sampe nangis trs² jijik ke diri sendiri, ngerasa badan/pakaian gue ada yg salah sampe buat lawan jenis seberaninya ngomong kalimat anjing itu. sorry yere gue benci lo bgt. stop normalisasiin hal kyk gitu & bela dia,” @no***

Hingga saat ini baik Yeremia Rambitan maupun PBSI belum buka suara terkait kasus ini.


2. Catatan Ganda Putra Indonesia di Awal 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Foto: PBSI

Raihan medali emas Leo/Daniel di SEA Games 2021 memastikan 4 ganda putra Indonesia berbagi gelar di 2022. Menariknya, Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra masih nihil.

Cabang bulutangkis SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, baru saja merampungkan final di nomor perorangan pada Minggu (22/05/22).

Baca selengkapnya: Catatan Ganda Putra Indonesia di 2022: 4 Pasangan Sudah Juara, Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra Nihil

Pelecehan SeksualBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler