x

Jonatan Christie Geser Momota! Begini Perkiraan Ranking BWF Usai Pembekuan Dihapuskan

Senin, 4 Juli 2022 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, diprediksi menggeser posisi Kento Momota pada ranking BWF saat pembekuan poin mulai dihapuskan bulan depan. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, diprediksi menggeser posisi Kento Momota pada ranking BWF saat pembekuan poin mulai dihapuskan bulan depan.

Sebagaimana diketahui, Federasi Badminton Dunia (BWF) mengonfirmasi bahwa mereka akan memulai transisi pencairan ranking dunia BWF secara langsung bulan depan.

Baca Juga

Pencairan poin untuk ranking dunia ini berlangsung selama 52 minggu akan lengkap akan dipublikasikan dari 2 Agustus 2022 hingga 3 Januari 2023.

Untuk setiap minggu dari peringkat yang baru diterbitkan mulai 2 Agustus 2022, maka empat minggu poin peringkat dunia historis akan dihapus mulai dari Minggu ke-12 tahun 2019.

Satu-satunya pengecualian adalah selama Minggu ke-1 tahun 2023 di mana tiga minggu turnamen historis akan dihapus untuk memperbarui peringkat.

Baca Juga

Menjelang penghapusan pembekua poin tersebut, Badminton Eropa melaui akun Twitter, memprediksi adanya pergeseran posisi para pebulu tangkis di peringkat dunia terbaru.

Namun dengan catatan, prediksi peringkat terbaru ini hanya dihitung berdasarkan performa para pemain dalam 52 pekan terakhir atau rata-rata 10 turnamen, termasuk Malaysia Open 2022.

Perubahan sangat signifikan terlihat jelas di posisi 10 besar, salah satunya Jonatan Christie dari Indonesia bakal menduduki posisi kelima dengan raihan 72.512 poin.

Baca Juga

Merangseknya Jonatan ke lima besar tak lepas dari keberhasilannya menjuarai ajang Swiss Open 2022, serta beberapa pencapaian apik di sejumlah turnamen bergengsi lain beberapa waktu lalu.

Jonatan Christie bahkan mampu melewati rekan senegaranya sendiri, Anthony Sinisuka Ginting yang diperkirakan bakal tergeser di peringkat 10.


1. Viktor Axelsen Duduk Nyaman di Singgasana

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Jojo – sapaan akrab Jonatan – juga menggeser posisi Kento Momota (Jepang) yang harus rela bergeser ke urutan delapan pada ranking dunia.

Kento Momota mengalami kemunduran dengan langsung tersingkir di babak awal sejumlah turnamen. Dia mampu mencapai final Malaysia Open 2022, namun ini tetap tak mampu membuatnya bertahan di tiga besar ranking dunia.

Baca Juga

Sementara itu, tunggal putra asal Denmark, Viktor Axelsen, menjadi pemain pertama di dunia yang mampu mengoleksi 110 ribu poin dan duduk di peringkat teratas dunia.

Tahun 2022 memang jadi tahunnya Axelsen berkat performanya yang gemilang. Sejauh ini dia sudah memborong empat gelar, yakni All England, Indonesia Open, Indonesia Masters dan Malaysia Open.

Empat gelar bergengsi itu membuat Axelsen belum terjangkau oleh andalan Malaysia Lee Zii Jia yang berada di urutan kedua dengan baru mengoleksi 82.818 poin.

Baca Juga

Selain itu, di posisi keempat dan kelima ada Loh Kean Yew dengan koleksi 76.614 dan Lakhsya Sen (73.614) poin.

Sekadar informasi akibat dampak COVID-19, peringkat dunia resmi dibekukan pada 17 Maret 2020 lalu.

Peringkat dunia dibuka kembali pada 2 Februari 2021 setelah BWF World Tour Finals 2020 yang diselenggarakan di Bangkok selama Minggu 4 tahun 2021.

Baca Juga

Turnamen yang sudah termasuk dalam peringkat dunia pada 17 Maret 2020 akan tetap ada. Turnamen yang dihitung untuk peringkat dunia yang diselenggarakan setelah 17 Maret 2020 akan ditambahkan ke peringkat dunia.


2. Jonatan Christie Ingin Jumpa Momota

Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota

Walau kalah di babak semifinal Malaysia Open 2022, Jonatan Christie bangga bisa meladeni sang pemilik ranking nomor satu dunia, Viktor Axelsen.

Bermain di Axiata Arena, Jonatan Christie awalnya kalah 15-21 dari Viktor Axelsen, tapi ia bisa menikung di game kedua, dan unggul 22-20 atas wakil unggulan Denmark itu

"Di luar hasil dan permainan, saya senang bisa bertemu Viktor Axelsen hari ini," ucap pebulutangkis peringkat delapan unia itu.

Namun, satu hal yang belum kesampaian, Jonatan Christie juga mengaku tertantang untuk menghadapi tunggal putra peringkat dua dunia asal Jepang, yaitu Kento Momota.

"Saya ingin juga ketemu Momota, tapi memang belum bisa," kata Jonatan Christie usai laga.

Baca selengkapnya
 

BWFAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieKento MomotaViktor AxelsenBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini