x

Pembekuan Ranking BWF Dihapuskan, Ganda Putra Indonesia Bakal Paling Berjaya

Senin, 4 Juli 2022 14:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia diprediksi bakal paling berjaya dibanding Malaysia, China dan Jepang saat pembekuan poin Ranking Dunia dihapuskan oleh BWF bulan depan. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia diprediksi bakal paling berjaya dibanding Malaysia, China dan Jepang saat pembekuan poin Ranking Dunia dihapuskan oleh BWF bulan depan.

Sebagaimana diketahui, Federas Badminton Dunia (BWF) mengonfirmasi bahwa mereka akan memulai transisi pencairan Ranking Dunia BWF secara langsung bulan depan.

Baca Juga

Pencairan poin untuk Ranking Dunia ini berlangsung selama 52 minggu akan lengkap akan dipublikasikan dari 2 Agustus 2022 hingga 3 Januari 2023.

Untuk setiap minggu dari peringkat yang baru diterbitkan mulai 2 Agustus 2022, maka empat minggu poin Peringkat Dunia historis akan dihapus mulai dari Minggu ke-12 tahun 2019.

Satu-satunya pengecualian adalah selama Minggu ke-1 tahun 2023 di mana tiga minggu turnamen bersejarah akan dihapus untuk memperbarui peringkat.

Baca Juga

Menjelang penghapusan pembekua poin tersebut, Badminton Eropa melaui akun Twitter, memprediksi adanya pergeseran posisi para pebulutangkis di peringkat dunia terbaru.

Namun dengan catatan, prediksi peringkat terbaru ini hanya dihitung berdasarkan performa para pemain dalam 52 pekan terakhir atau rata-rata 10 turnamen, termasuk Malaysia Open 2022.

Dengan adanya pencairan poin nanti, Indonesia digadang-gadang bakal jadi negara yang paling menikmati buahnya karena enam ganda putranya berhasil masuk 25 besar Ranking Dunia.

Baca Juga

Ini membuat Indonesia jadi negara yag paling berjaya bila dibandingkan Malaysia yang hanya punya empat wakil di 25 besar. Jepang hanya punya tiga wakil, sedangkan China satu wakil.

Sayang, Indonesia harus merelakan status nomor  1 dunia yang sebelumnya dipegang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon direbut andalan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.


1. Hoki/Kobayashi Gusur Minions, Indonesia Tetap Berjaya

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Sejak menjadi juara dunia di Huelva, Spanyol, tahun lalu, Hoki/Kobayashi selalu tampil konsisten. Tahun ini mereka juga sudah mengoleksi dua gelar, yakni Thailand Open dan Malaysia Open.

Jika Kevin/Marcus harus puas berada di posisi kedua, rekan mereka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal menduduki posisi ketiga pada Ranking Dunia terbaru.

Baca Juga

Fajar/Rian yang menjadi runner-up Malaysia Open diperkirakan akan mengoleksi 78,755 angka, dan bersaing ketat dengan pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang berada di urutan keempat.

Pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tergeser di posisi keenam, di belakang Kim Astrum/Anders Rasmussen.

Baca Juga

Sementara juara Asia 2022, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Yoche Erich Rambitan di ambang 10 besar dengan duduk di urutan ke-11 dunia.

Kampiun All England, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri duduk di urutan ke-13. Sedangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang meraih emas SEA Game Vietnam Mei lalu merangsek ke peringkat 16 dunia.

Baca Juga

Malaysia, selain Aaron/Chia, memiliki tiga wakil lainnya yang duduk di 25 besar. Mereka adalah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (8), Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani (9), dan Man Wei Chong/Tee Kai Wun (20).

Sementara satu-satunya wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi bergabung di 15 besar Ranking Dunia.


2. BWF Bekukan Poin Ranking Dunia karena COVID-19

Logo BWF.

Sekedar informasi akibat dampak COVID-19, Peringkat Dunia resmi dibekukan pada 17 Maret 2020 lalu.

Peringkat Dunia kemudian dibuka kembali pada 2 Februari 2021 setelah BWF World Tour Finals 2020 yang diselenggarakan di Bangkok selama Minggu 4 tahun 2021.

Turnamen yang sudah termasuk dalam Peringkat Dunia pada 17 Maret 2020 akan tetap ada. Turnamen yang dihitung untuk Peringkat Dunia yang diselenggarakan setelah 17 Maret 2020 akan ditambahkan ke Peringkat Dunia.

BWFFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisTakuro Hoki/Yugo KobayashiAaron Chia/Soh Wooi YikBerita Bulutangkis

Berita Terkini