x

Update Sementara Poin World Tour Final 2022 usai Malaysia Open: Fajar/Rian Full Senyum

Senin, 4 Juli 2022 14:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Perolehan poin smentara BWF World Tour Final setelah Malaysia Open 2022, di mana ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto senyum manis. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut ini perolehan poin smentara BWF World Tour Final setelah Malaysia Open 2022, di mana ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto duduk di peringkat teratas.

BWF World Tour Finals 2022 akan menjadi musim kelima dari puncak Tur Dunia bulutangkis yang diselenggarakan BWF sejak 2018.

Baca Juga

Terdapat 25 turnamen yang dipertandingkan tahun ini, yang mana poin terkumpul masing-masing pemain akan mengarah ke turnamen turnamen World Tour Final.

Dengan ajang Super 750 Malaysia Open 2022 baru saja berlangsung pekan lalu, beberapa pebulutangkis sudah mulai mengumpulkan poin secara signifikan.

Melansir dari akun Badminton_Ina di Instagram, tujuh wakil Indonesia dari lima sektor berbeda sudah mampu menempatkan posisi mereka pada 12 ranking BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Dimulai dari sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menunjukkan konsistensi di sepanjang tahun ini duduk di urutan keatas.

Fajar/Rian yang sukses merengkuh dua gelar tahun ini, yakni Swiss Open  dan Indonesia Masters, berhasil mengumpulkan 53.500 poin.

Di belakangnya, menyusul dua ganda putra Indonesia lain yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (43.780 poin), dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (38.880).

Baca Juga

Ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, bahkan baru duduk di urutan kelima (37.250), di belakang pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik (37.260).

Meski baru saja menjuarai Malaysia Open kemarin, namun Hoki/Kobayashi baru mencatat lima penampilan di 13 turnamen yang dipertandingan.


1. Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Aman

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Sementara Indonesia belum punya satu wakil di sektor tunggal putri, pada sektor tunggal putra Indonesia menempatkan tiga wakilnya di klasemen 12 besar sementara.

Jonatan Christie, berbekal gelar Swiss Open 2022 dan semifinalis Malaysia Open berada di urutan keempat dengan raihan 38.870 poin.

Baca Juga

Jojo saat ini berada persis di belakang Lee Zi Jia, Prannoy HS dan pemuncak klasemen BWF World Tour Finals Viktor Axelsen.

Sementara Annthony Sinsiuka Ginting (35.540 poin) berada di urutan keenam, sedangkan di urutan ke-12 dihuni Shesar Hiren Rhustavito (27.690).

Baca Juga

Pada sektor ganda campuran, Indonesia menempatkan satu wakilnya, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, di urutan kesembilan dengan raihan 30,050 poin.

Poin tersebut mereka kumpulkan dari delapan turnamen yang diikuti, di mana mereka sekali mampu mencapai babak semifinal di ajang Korea Open dan perempat final Indonesia Masters.

Baca Juga

Indonesia untuk sementara juga belum memiliki wakilnya di sektor ganda putri. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang punya prestasi paling menonjol sejauh ini masih jauh dari jangkauan.

Pasangan ini memang baru debut sejak SEA Games 2022. Namun posisi mereka masih berada di peringkat 79 pada Ranking Dunia bahkan setelah mereka juara Malaysia Open.


2. Jadwal BWF World Tour Finals 2022

Logo BWF.

Sekedar informasi, sebanyak 26 turnamen World Tour dibagi menjadi lima level: Level 1 disebut Final Tur Dunia, Level 2 disebut Super 1000 (tiga turnamen), Level 3 disebut Super 750 (lima turnamen), Level 4 disebut Super 500 (tujuh turnamen) dan Level 5 disebut Super 300 (10 turnamen).

Masing-masing turnamen ini menawarkan poin peringkat dan hadiah uang yang berbeda. Poin tertinggi dan kumpulan hadiah ditawarkan di level Super 1000.

Perolehan poin ini akan masih terus berlanjut hingga Ajang BWF World Tour Final 2022 nanti pada tanggal 14-18 Desember 2022 di Guangzhou China.

Jonatan ChristieFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBWF World Tour FinalsBulutangkisTakuro Hoki/Yugo KobayashiBerita BulutangkisMalaysia Open 2022

Berita Terkini