x

Segera Pensiun, Ini 4 Momen Ter-epic Serena Williams Sepanjang Kariernya

Rabu, 10 Agustus 2022 15:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Serena Williams melempar sinyal akan segera pensiun. Foto: Darrian Traynor/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Serena Williams baru saja menggemparkan jagat tenis dengan sinyal pensiun setelah gelaran US Open 2022.

Desas-desus tentang kelanjutan karier peraih 23 Grand Slam tersebut belakangan memang sempat mencuat dan jadi perbincangan publik.

Baca Juga

Masalahnya, seperti Roger Federer dan sejumlah rekannya yang lain, sepak terjang Serena Williams makin meredup seiring berjalannya waktu.

Di Wimbledon 2022 saja ia tidak bisa bicara banyak lantaran langsung terdepak di putaran pertama dari wakil Prancis, Harmony Tan.

Padahal, turnamen Grand Slam lapangan rumput tersebut adalah ajang comeback pertamanya usai absen bermain selama kurang lebih satu tahun.

Baca Juga

Gagal total di Wimbledon 2022, istri Alexis Ohanian tersebut kini sedang berjuang di Canada Open di Toronto.

Ia berhasil melewati hadangan petenis Spanyol, Nuria Parrizas-Diaz, untuk melangkahkan kaki di 32 besar dan berhadapan dengan Belinda Bencic (Swiss).

Setelah menyelesaikan putaran pertama Canada Open itulah Serena Williams melempar sinyal-sinyal bahwa dirinya akan pensiun. Apakah setelah US Open 2022?

Baca Juga

“Saya rasa sudah ada sedikit cahaya di ujung terowongan. Saya tidak sabar ingin sampai di sana,” ucap ibu satu anak itu kepada wartawan seperti diwartakan Reuters.

Isu tentang Serena Williams pensiun pun makin berkembang setelah ia membuat pengakuan panjang lebar di majalah Vogue belum lama ini.


1. Rencana setelah Mundur dari Tenis

Serena Williams melempar sinyal akan segera pensiun. Foto: Darrian Traynor/Getty Images.

Ia mengaku ingin fokus dengan kehidupannya di luar tenis, termasuk bisnis dan juga keluarga kecilnya termasuk sang putri, Olympia.

“Percayalah, saya tidak pernah ingin memilih antara tenis atau keluarga, sungguh tidak adil. Jika saya seorang pria, saya pasti sangat tidak keberatan menulis ini,” demikian bunyi pengakuannya di majalah Vogue.

Baca Juga

“Saya pasti bermain dan memenangkan pertandingan saat istri saya bekerja keras mengurus keluarga,” tambahnya lagi.

Walau begitu, Serena Williams menegaskan bahwa dirinya bukan mau mengeluh karena lahir sebagai seorang perempuan.

Ia juga sangat bahagia bisa menjadi ibu bagi Olympia, bahkan memenangkan Australian Open dalam kondisi hamil dua bulan.

Baca Juga

Hanya saja, dengan usianya yang akan menginjak 41 tahun, Serena Williams merasa butuh perubahan dalam hidupnya. Ia pun menganggapnya sebagai sebuah transisi, sehingga enggan menggunakan kata pensiun.

Kini, nyaris berada di penghujung karier jelang US Open 2022, mari sedikit melihat ke belakang empat momen epic Serena Williams selama berkarier di dunia tenis.

Gelar Grand Slam Pertama

Raihan prestisius yang selalu dibidik petenis mana pun di muka bumi ini, Grand Slam, pertama kali mendarat ke pelukan Serena Williams di US Open 1999.

Baca Juga

Tidak main-main, salah satu pemain yang dikalahkannya dalam perjuangan ke final adalah juara edisi 1998, Lindsay Davenport.

Kemudian di partai puncak, saudara perempuan Venus Williams tersebut berhasil menekuk petenis putri nomor satu dunia kala itu, Martina Hingis.


2. Momen-Momen Epic Serena Williams Sepanjang Karier

Serena Williams melempar sinyal akan segera pensiun. Foto: Darrian Traynor/Getty Images.

Serena Slam

Berlaih ke momen tidak terlupakan Serena Williams selanjutnya, yang terjadi pada musim 2002-2003 silam.

Saat itu, ia berhasil menggondol seluruh gelar Grand Slam namun dalam kalender berbeda: French Open, Wimbledon, US Open, ditambah Australian Open pada tahun berikutnya.

Baca Juga

Masih di Australian Open 2003, ia juga berhasil meraih titel di sektor ganda bersama sang saudara, Venus.

Pencapaian hebat inilah yang kemudian memunculkan istilah Serena Slam, alias Serena Williams yang berhasil memborong gelar Grand Slam tidak dalam satu kalender yang sama.

Momen Spesial Australian Open

Salah satu event maupun cerita yang mungkin akan selalu dikenang Serena Williams seumur hidupnya sambil tersenyum, yakni memenangkan Australian Open 2017 ketika sedang mengandung.

Baca Juga

Pada waktu itu pula ia berhasil mencatatkan gelar Grand Slam ke-23 dan memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki Steffi Graf di era Open (22).

Tidak banyak yang tahu bahwa Serena Williams sedang berbadan dua ketika berlaga di Australian Open 2017.

Kenyataan tersebut baru terkuak beberapa waktu setelahnya. Ssang pemain mengumumkan bahwa ia tengah mengandung delapan minggu saat memenangkan Australian Open 2017.

Baca Juga

Insiden Indian Wells 2001

Indian Wells 2001 nampaknya jadi noda tersendiri dalam karier Serena Williams, karena ia mendapat sorakan dari penonton saat berlaga melawan sang saudara, Venus, di semifinal.

Pasalnya, ayah mereka dituduh sengaja melakukan settingan agar Serena Williams bisa lolos ke partai puncak. Kejadian itu pun membuat sang bintang mengalami trauma mendalam selama bertahun-tahun.

Serena WilliamsTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini