x

Incar Gelar Juara Dunia, Kento Momota Waspadai Lee Zii Jia dan ‘Bocah’ Penakluk Ginting

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, mewaspadai Lee Zii Jia dan ‘bocah’ penakluk Anthony Sinisuka Ginting, saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Atlet bulutangkis Jepang, Kento Momota, mewaspadai Lee Zii Jia dan ‘bocah’ penakluk Anthony Sinisuka Ginting, saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Seluruh pemain bulutangkis dunia saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri untuk tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championships) 2022.

Baca Juga

Salah satunya tunggal putra nomor dua dunia, Kento Momota, berstatus salah satu pemain unggulan di turnamen yang berlangsung pada 22-28 Agutsus 2022 mendatang.

Kento Momota berambisi besar untuk merebut gelar juara dunia tahun ini. Semangatnya untuk mendulang emas kian menggebu karena tampil di kandang sendiri.

Tahun lalu, di tempat yang sama, Momota gagal memenuhi ekspektasi publik saat tampil mewakil Jepang di Olimpiade Tokyo 2022.

Baca Juga

Saat itu, Momota yang baru comeback usai pulih dari cedera karena kecelakaan difavoritkan untuk juara tetapi tersingkir dari babak penyisihan grup usai dikalahkan Heo Kwang-hee (Korea Selatan).

Lewat Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 ini, tunggal putra berusia 27 tahun ini pun bertekad menjadikan ajang ini sebagai panggung untuk menebus kegagalan tahun lalu.

“Saya ingin menebus kekecewaan Olimpiade Tokyo,” kata Momota kepada media Jepang dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh BA Jepang baru-baru ini dilansir dari NST.

Baca Juga

“Aku tidak punya apa-apa selain kenangan yang disesalkan. Aku tidak punya siapa-siapa selain diriku yang harus disalahkan, itu semua karena ketidakmampuanku." dia mengakui.

“Dengan Kejuaraan Dunia yang diadakan di Tokyo kali ini, saya mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki keadaan.”


1. Momota Diadang Lee Zii Jia dan Penakluk Ginting

Pebulutangkis India yang sempat buat ketar-ketir Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020

Meski demikian, langkah Momota untuk mewujudkan mimpinya itu tidaklah mudah. Dia memiliki jalur berbahaya dalam pool drawing Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Hasil undian yang dirilis hari Rabu (10/08/22) kemarin, menempatkan Momota di jalur bawah bersama beberapa pemain kelas kakap yang sedang dalam performa terbaik.

Baca Juga

Misalnya, juara Asia Lee Zii Jia dari Malaysia, peraih medali emas Commonwealth Games, Lakshya Sen, juara dunia tahun lalu sekaligus ‘murid’ Viktor Axelsen, Loh Kean Yew, serta peringkat tiga dunia Anders Antonsen.

Momota berpotensi jumpa dengan Lakshya Sen, yang pernah menaklukkan Anthony Sinisuka Ginting di babak 16 besaar German Open 2022.

Sementara Lee Zii Jia berpotensi jadi lawan Momota di babak perempat final. Momota telah mengalahkan Zii Jia delapan kali dari 12 pertemuan mereka.

Baca Juga

Namun, dia gagal mengatasi Lee Zii Jia dalam dua pertemuan terakhir mereka tahun ini, yakni final All England dan Piala Thomas.

Menurut Momota, Lakshya Sen dan Momota dikenal punya permainan yang eksplosif. Momota sendiri mengaku kesulitan tiap kali jumpa pemain agresif.

Oleh karenanya, Kento Momota mengaku telah menerapkan strategi khusus untuk menangani permainan ofensif lawan-lawannya.

Baca Juga

“Jumlah pemain menyerang semakin meningkat, jadi saya harus benar-benar memperkuat permainan bertahan saya,” katanya.

"Dalam latihan, saya telah mencari cara untuk mendapatkan pukulan smash dari lawan yang agresif. Akan menyenangkan melihat beberapa hasil dari latihan di Kejuaraan Dunia,” tambah Momota.

Momota sendiri sudah empat kali mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis dalam kariernya sejauh ini. Dia dua kali menjadi juara, pada 2018 dan 2019, serta sekali meraih perunggu (2015).


2. Momota Video Call Pelatih Indonesia yang Temukan Bakatnya

Imam Tohari, pelatih bulutangkis asal Indonesia yang temukan bakat Kento Momota

Meski kini sudah menjadi pebulutangkis papan atas, Kento Momota, ternyata masih mau menerima panggilan dari pelatih asal Indonesia yang jadi penemu bakatnya.

ento Momota merupakah salah satu atlet bulutangkis tunggal putra terhebat kebanggaan Jepang saat ini. Gerakan lincah nan eksplosif serta pukulan tangan kiri yang mematikan jadi ciri khasnya

Kariernya memang mengalami pasang surut belakangan, tetapi Momota masih dianggap salah satu top player. Dengan statusnya tersebut, Momota ternyata tetap tak lupa daratan.

Baru-baru ini, Kento Momota kedapatan masih mau menerima panggilan telepon video dari salah satu pelatih bulutangkis yang menemukan dan mengasah bakatnya pertama kali, yakni Imam Tohari.

Momen tersebut ditunjukkan dalam video yang diunggah PB Djarum di akun Instagram ketika Imam Tohari berkesempatan menjadi narasumber.

Baca selengkapnya: Momen Momota Mau Angkat Video Call Pelatih Indonesia yang Temukan Bakatnya

Kento MomotaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisLakshya SenKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler