x

Bangun dari Pensiun, Eks Partner Gronya Somerville asal Manado Langsung Juara di Australia

Selasa, 4 Oktober 2022 14:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Mantan pasangan Gronya Somerville sekaligus atlet bulutangkis asal Manado, Setyana Mapasa, langsung menyabet gelar juara begitu memutuskan bangun dari pensiun.

INDOSPORT.COM – Mantan pasangan Gronya Somerville sekaligus atlet bulutangkis asal Manado, Setyana Mapasa, langsung menyabet gelar juara begitu memutuskan bangun dari pensiun.

Setyana Mapasa yang berpasangan dengan Gronya Somerville di sektor ganda putri memutuskan hengkang dari tim nasional bulutangkis Australia pada September 2021.

Baca Juga

Ia memutuskan untuk tidak lagi mewakili Australia di turnamen-turnamen bulutangkis internasional. Keputusan Setyana sekaligus membuatnya berpisah dengan Gronya Somerville.

Tak lama kemudian, pemain kelahiran Manado, Sulawei Utara tersebut mengumumkan gantung raket, yang kemudian dirinya dikabarkan mengakhiri masa lajangnya.

Setahun berselang, Setyana Mapasa terbangun dari pensiun. Tidak lagi membela pelatnas Australia, Setyana lebih banyak aktif di turnamen-turnamen lokal di Negeri Kangguru tersebut.

Baca Juga

Terbaru, Setyana Mapasa menggandeng pemain asal Indonesia Rizky Hidayat Ismail yang juga berkarier di Australia, untuk tampil di sektor ganda campuran.

Menariknya, pasangan Rizky/Setyana langsung keluar sebagai juara di sebuah turnamen lokal yang digelar Asosiasi Bulutangkis Australia pekan ini.

Baca Juga

Menariknya, Setyana menjadi juara bersama Rizky di ajang tersebut dengan mengalahkan mantan partnernya, Gronya Somerville yang menggandeng mitra barunya.

Gelar juara ini membuat Setyana Mapasa sangat bahagia. Dirinya bahkan senang bisa bertandem dengan pemain yang mengusung gaya bermain khas Indonesia di Austalia.


1. Setyana Mapasa Senang Bisa Comeback dan Langsung Juara

Pasangan Australia, Gronya Somerville/Setyana Mapasa tampak lesu dalam ajang Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

“Sangat senang bisa kembali ke lapangan lagi setelah sekian lama,” tulis Setyana Mapasa di unggahan story akun Instagram-nya.

“Rizky Hidayat Ismail, terima kasih untuk pertandingan dan telah mengcover lapanga. Sangat senang bisa bermain dengan gaya Indonesia,” lanjutnya.

Setyana Mapasa, Pebulutangkis asal Indonesia raih gelar juara di Australia. Foto: Instastory@setyanam

Kemenangan ini tentunya menjadi modal berharga untuk Setyana Mapasa yang tengah bersiap comeback di turnamen kompetitif bulan ini.

Setyana Mapasa yang kini berstatus pemain profesional akan bermain di sektor ganda putri dengan menggandeng mitra baru, yakni Joyce Choong.

Setyana Mapasa/Joyce Choong akan tampil di turnamen Yonex Sydney International 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 5 – 9 Oktober 2022.

Baca Juga

Mengenai profil Setyana Mapasa, atlet bernama lengkap Setyana Daniella Florensia Mapasa tersebut lahir di Manado, Sulawesi Utara.

Dirinya mengawali karier sebagai pemain bulutangkis di Indonesia. Setyana juga sempat meraih medali perak di nomor beregu campuran di Kejuaraan Dunia Junior 2013.

Namun kemudian ia mengalami cedera cukup parah di lututnya dan hampir berhenti bermain bulutangkis. Ia lalu melakukan rehabilitasi di Australia.

Baca Juga

Di sanalah ia mendapat tawaran bermain dan mewakili tim nasional bulutangkis Australia alias dinaturalisasi sebagai warga negara Australia hingga saat ini.

Berkat naturalisasi, Setyana punya kesempatan tampil di ajang multievent Olimpiade. Setyana Mapasa berpasangan dengan Gronya Somerville di ganda putri.

Di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin, Setyana Mapasa/Gronya Somerville terhenti di penyisihan babak grup C setelah finish di peringkat ketiga.


2. Rencana Setyana Mapasa Usai Mundur dari Pelatnas Australia

Pebulutangkis Australia kelahiran Indonesia Setyana Mapasa.

Menyusul pengumuman Setyana Mapasa mundur dari pelatnas Australia, terungkap fakta lain terkait rencana kariernya di masa depan.

Sebelumnya dalam kalimat pengunduran dirinya pada ada Kamis (16/09/21) malam, Setyana menuliskan kalau dia tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tapi cinta dan gairahnya di bulutangkis tidak akan berakhir.

Sepertinya kalimat itu memang benar adanya. Terlebih, partner dari Gronya Somerville itu diketahui memiliki klub bulutangkis yang berdiri sejak tahun lalu bernama Tumou Badminton Club.

Sebagai pendiri, kemungkinan dirinya akan mulai disibukkan untuk mengembangkan bakat-bakat pebulutangkis junior di Negeri Kanguru.

Pada Jumat (18/09/21) di instagram @tumoubadminton, secara harfiah mengkonfirmasi keterlibatan Setyana dengan klub badminton tersebut.

“Setyana Mapasa kemarin baru saja mengumumkan akan keluar dari Tour internasional. Di (tumou badminton), dia (akan) kembali bersama kami dan melakukan pembinaan lagi,”

Baca selengkapnya: Terungkap Rencana Setyana Mapasa Usai Mundur dari Pelatnas Australia

AustraliaNaturalisasiGronya SomervilleBulutangkisSetyana MapasaBerita Bulutangkis

Berita Terkini