x

Susul Eks Partner Rinov Rivaldy, ‘Titisan’ Jonatan Christie asal Solo Dinaturalisasi Australia?

Selasa, 4 Oktober 2022 13:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Eks tunggal putra pelatnas PBSI, Karono, kabarnya dinaturalisasi sebagai pebulutangkis Australia, menyusul jejak eks partner Rinov Rivaldy, Andika Ramadiansyah.

INDOSPORT.COM – Mantan tunggal putra pelatnas PBSI, Karono, kabarnya dinaturalisasi sebagai pebulutangkis Australia, menyusul jejak mantan pasangan Rinov Rivaldy, Andika Ramadiansyah.

Karono merupakan pebulutangkis kelahiran Solo, 20 Februari 2022 sekaligus merupakan tunggal putra yang jadi andalan klub bulutangkis PB Jaya Raya.

Baca Juga

Kurang dari dua tahun sejak dipanggil Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Karono akhirnya terdegradasi pada 2022.

Amat disayangkan mengingat Karono sempat mencuri perhatian saat dirinya merepotkan Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito  di ajang Mola TV PBSI Home Tournamen 2020 lalu.

Dengan terdegradasi dari pelatnas, Karono pun gagal mewujudkan ambisinya untuk mengikuti jejak dua seniornya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, sebagai tunggal putra top dunia.

Baca Juga

Tahun ini, Karono baru mengikuti tiga turnamen yakni Bonn International (3-8 Juni), Indonesia International Series (20-25 September) dan Indonesia International Challenge (27 September-2 Oktober).

Menurut data di BWF, Karono saat ini masih bermain di bawah bendera Indonesia. Namun rumor yang berbedar di media sosial menyebutkan dirinya bakal dinaturalisasi Australia.

Rumor ini sendiri berawal dari komentar netizen pada akun anggota dewan BWF asal Indonesia, Bambang Rudyanto yang mengabarkan Australia resmi menaturalisasi tiga pebulutangkis asing.

Baca Juga

Salah satu di antaranya, mantan pebulutangkis pelatnas PBSI Andika Ramadiansyah yang dulu pernah jadi pasangan main Rinov Rivaldy, Angelica Wiratama dan Mychelle Chrystine Bandaso.

Netizen menanyakan perihal status Karono “apakah juga telah dinaturalisasi sebagai pemain Australia”, sama halnya dengan Andika Ramadiansyah.

Baca Juga

Namun, Bambang Rudyanto menjawab dengan singkat “belum” terkait proses naturalisasi Karono ke Australia. 

Bambang Rudianto sendiri juga tidak menjelaskan dengan detail, yang dimaksud 'belum' ini apakah proses untuk dinaturalisasi sebagai pemain Australia belum rampung, ataukah pihaknya belum mengetahu kabar tersebut. 


1. Karono Susul Eks Partner Rinov Rivaldy Gabung Klub Australia

Karono, tunggal putra Pelatnas Indonesia.

Meski demikian, jejak digital menunjukkan bahwa Karono menyusul Andika Ramadiansyah bergabung di sebuah klub bulutangkis di Sydney, Australia, bernama Pro1 Badminton Australia.

Itu berarti, Karono mungkin sudah meninggalkan klub asalnya, PB Jaya Raya, dan membangun karier bulutangkisnya ke Australia. Selain itu, Karono mungkin berpindah jalur di sektor ganda putra. 

Baca Juga

Pro1 Badminton Australia, lewat akun Instagram, juga mengunggah momen Andika dan Karoni berpasangan sebagai ganda putra meraih gelar runner-up di sebuah turnamen lokal di negara tersebut.

Bukti lain juga ditunjukkan kekasih Anthony Sinisuka Ginting, Mitzi Abigail, lewat story di mana pasangan Andika/Karoni tengah bertanding.

Mitzi Abigail unggah pasangan ganda putra asal Indonesia yang kini dinaturalisasi Australia. Foto: Instastory@mitziabigail

Andika/Karono mengenakan kostum mewakili klubnya, dengan bagian punggung tertulis nama sang pemain dan negara Australia.

Baca Juga

Terkait benar tidaknya rumor tersebut, akan bertambah deretan pemain Indonesia yang memilih hijrah ke Negeri Kangguru tersebut.

Sebelumnya, ada Setyana Mapasa yang memilih dinaturalisasi  Australia dan sempat berpasangan dengan bintang di negara tersebut, Gronya Somerville.


2. Semangat Eks Pebulutangkis Indonesia Rayakan HUT RI ke-77

Pebulutangkis Australia kelahiran Indonesia Setyana Mapasa.

Dinaturalisasi Australia, mantan pemain ganda putri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Setyana Mapasa, unggah potret rayakan kemerdekaan RI ke-77.

Sebagaimana diketahui, setelah lepas dari penjajahan, negara Indonesia merdeka sejak 17 Agustus 1945. Hari ini, Rabu (17/08/22), Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77.

Tentunya beragam hal dilakukan untuk turut merayakan suka cita kemerdekaan yang didapat bangsa ini dengan tidak muda dan penuh perjuangan.

Termasuk Pemerintah Indonesia yang membuat tema ‘Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Cepat’ sebagai wajah yang mewakili Ibu Pertiwi di tengah perjuangan melawan Covid-19.

Dimanapun berada, merayakan kemerdekaan bisa dilakukan,  termasuk oleh orang yang jauh di negeri seberang. Salah satunya adalah eks pebulutangkis Indonesia yang pindah ke Australia, Setyana Mapasa.

Baca selengkapnya: Dinaturalisasi Australia, Semangat Eks Pebulutangkis Indonesia Rayakan HUT RI ke-77

AustraliaPBSIJonatan ChristieNaturalisasiRinov Rivaldy/Andika RamadiansyahBulutangkisBerita BulutangkisKarono

Berita Terkini

Berita Terpopuler