x

PBSI-nya Jepang Diterpa Skandal Penggelapan Dana, Akane Yamaguchi Ikut Bersuara

Minggu, 5 Februari 2023 02:29 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ikut merasakan dampak akibat dari skandal penggelapan dana yang menerpa Nippon Badminton Association (NBA), tunggal putri Akane Yamaguchi ikut bersuara.

INDOSPORT.COM – Ikut merasakan dampak akibat dari skandal penggelapan dana yang menerpa Nippon Badminton Association (NBA), tunggal putri Akane Yamaguchi ikut bersuara.

Sebagai informasi, sejak beberapa saat lalu, Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) telah menghadapi skandal yang melibatkan penggelapan dana publik oleh seorang mantan karyawan.

Media Jepang, Yomiuri Shimbun, menyebut bahwa NBA menutupi kasus penggelapan dana pelatihan atlet yang dilakukan mantan karyawan pada tahun 2017.

Mantan karyawan itu mengalihkan dana yang seharusnya jadi biaya akomodasi para pemain pelatnas Jepang senilai total 3 juta Yen (sekitar Rp313 juta) ke kantong pribadi.

NBA dilaporkan menutupi kasus tersebut setelah mantan karyawan mengembalikan dana penuh pada musim semi 2018. Namun kejadian serupa terus terulang dengan orang yang sama di tahun berbeda.

Baca Juga

Sampai akhirnya pelaku penggelapan dana mengundurkan diri dari Nippon Badminton Association (NBA) dengan meninggalkan beban utang 6,8 juta Yen (sekita Rp709 juta).

Skandal tersebut kemudian cukup menggegerkan pecinta bulutangkis pada 2021 setelah seorang sumber anonim membocorkan semuanya.

Baca Juga

Dampak panjang laporan skandal tersebut, Komite Olimpiade Jepang (JOC) dan Badan Olahraga Jepang melakuan serangkaian investigasi.

Melansir laman Nikkan Gendai, skandal tersebut membuat NBA mendapatkan pengurangan biaya pelatihan dari negara sebesar 20 persen pada tahun 2023.

Menderita kerugian akibat dari skandal yang terjadi di tubuh Asosiasi Bulutangkis Jepang, tunggal putri ranking satu dunia, Akane Yamaguchi, ikut memberikan suaranya.

Baca Juga

1. Akane Yamaguchi Bersuara

Akane Yamaguchi memberikan komentar terkait skandal yang menerpa Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA).

Akane Yamaguchi memberikan komentar terkait skandal yang menerpa Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) sebagaimana dilansir dari laman Yahoo Japan.

“Aku tidak bisa berkata apa-apa,” ungkap Akane Yamaguchi ketika ditanya wartawan terkait biaya pelatihan yang berkurang 20 persen dari NBA.

“Ini bukan masalah yang antara bisa dan harus hadapi. Tapi menurutku, kita harus menghadapi apa yang harus dihadapi, dan apa yang bisa dihadapi,” sambung Akane Yamaguchi.

Pebulutangkis Akane Yamaguchi menerima wawancara dari pers begitu tiba di Bandara Narita Jepang, pada Senin (30/01/23) lalu,

Akane Yamaguchi bergabung dengan rombongan pebulutangkis Jepang yang memutuskan pulang usai berpartisipasi di ajang India Open 2023.

Baca Juga

Akane dan beberapa pebulutangkis Jepang memutuskan mundur dari Indonesia Masters 2023 yang digelar maraton seusai India Open 2023.

Dalam pemaparannya, Akane merasakan kelelahan fisik luar biasa usai menghadapi dua turnamen beruntun di awal musim 2023, yakni Malaysia Open dan India Open.

Baca Juga

“Saya merasakan kelelahan dan sakit di tubuh saya.  Tubuh saya tidak bisa tidak bisa bertahan selamanya. Jadi saya rasa saya perlu memikirkan waktu istirahat,” ucap Akane melansir Yahoo Japan.

Terlepas dari itu, Akane Yamaguchi bukan satu-satunya pebulutangkis Jepang yang berani bersuara menyatakan kekecewaan terhadap skandal penggelapan dana di Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA).

Ada pula tunggal putri Nozomi Okuhara yang sempat menuliskan cuitan berisi kekecewaanya terhadap kondisi internal federasi nasional yang menaunginya tersebut.

Baca Juga

Sumber: Yahoo Japan

JepangAkane YamaguchiBulutangkisBerita BulutangkisNippon Badminton Association (NBA)

Berita Terkini