x

Ramai Sorotan ke Bea Cukai, Trofi All England Milik Fajar/Rian Bakal Dikenai Pajak?

Kamis, 23 Maret 2023 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memegang trofi juara All England 2023. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM - Bea Cukai menjadi trending topic di media sosial. Apakah ada hubungannya dengan trofi All England milik Fajar Alfian/Rian Ardianto?

Diketahui, Indonesia baru saja mengukir prestasi membanggakan di ajang bulutangkis tertua di dunia, All England 2023, Minggu (19/03/23).

Sektor ganda putra sukses menciptakan All Indonesian Finals. Fajar Alfian/Rian Ardianto jadi juara, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sebagai runner up.

Di sisi lain, media sosial dihebohkan dengan keluhan masyarakat terhadap Bea Cukai, instansi pemerintah yang menangani pemungutan pajak dari barang impor.

Salah satu keluhan yang paling menyita perhatian datang dari warganet Twitter dengan nama Fatimah Zahratunnisa.

Baca Juga

Fatimah Zahratunnisa curhat jika piala kemenangan yang didapatkannya dari ajang menyanyi di Jepang, tiba-tiba saja 'dipalak' Bea Cukai saat tiba di Indonesia.

Kejadian tersebut terjadi di 2015. Fatimah mengaku diminta Rp4,8 juta oleh Bea Cukai, padahal ia sama sekali tidak mendapatkan apa-apa, selain trofi juara.

Baca Juga

"Ribet deh butuh banyak surat lalala, yang membuktikan kalau itu tuh hadiah," curhat Fatimah Zahratunnisa.

"Sampai nunjukin video acara TV-nya juga, baru orang Bea Cukai percaya. Mana waktu di kantornya disuruh nyanyi buat buktiin bisa nyanyi apa enggak," lanjutnya.

Lantas, apa hubungannya dengan pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto?

Baca Juga

1. Warganet Sindir Bea Cukai

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan usai final All England 2023. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

Seorang warganet dengan akun Twitter @emerson_yuntho menyentil Bea Cukai RI. Ia bertanya, apakah trofi juara All England milik Fajar/Rian juga akan dikenakan pajak.

"Hallo @beacukaiRI mau tanya, kalau Piala All England dibawa ke Indonesia kena pajak berapa?" tanya pemilik akun Buya Eson yang notabene pernah bernaung di Indonesia Corruption Watch (ICW).

"Hallo Min @beacukaiRI, jika berkenan mau undang Diskusi Menjelang Magrib, masih soal Piala-Piala yang masuk ke Indonesia! Mohon konfirmasinya ya," tambah Buya.

Dalam diskusi tersebut, ia mengangkat tajuk: Piala Thomas, Uber dan All England akankah Dikenakan Bea Masuk?

Paham jika cuitan Buya Eson bernada sarkas, netizen yang rata-rata merupakan Badminton Lovers turut meramaikan kolom komentar dan menyindir Bea Cukai.

Baca Juga

"Harus buktikan bisa main badminton dulu," komentar dari akun Twitter @hisyamjenu.

"Kasih smash keras ke muka petugasnya begitukah?" balas akun Twitter @Yuzsni7.

"Duh apa kabar Piala Thomas waktu tahun 2021 kemaren berapa ya pajaknya, mana itu piala di dapat dari kerja keras para atlet yang udah 19 tahun penantian," kenang @WidiaAgt.

Baca Juga

"Mungkin ini penyebabnya Timnas sepak bola gak pernah juara AFF, takut piala kena pajak," komentar sarkas dari akun Twitter @brendhikdimas.

Perlu diketahui pula, umumnya trofi All England tidak dibawa pulang oleh sang jawara. Fajar/Rian hanya akan berfoto di podium, lalu dikembalikan lagi ke panitia.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News.

All EnglandFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoRian Ardianto/Fajar AlfianMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianPenggelapan PajakRaketBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini