x

Termasuk Fajar/Rian, 3 Unggulan Teratas Jalani Debutnya di Madrid Spain Masters 2023

Rabu, 29 Maret 2023 15:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Termasuk Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tiga unggulan teratas Spain Masters 2023 ternyata menjalani debutnya di turnamen BWF Super 300 ini. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Termasuk Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tiga unggulan teratas Spain Masters 2023 ternyata menjalani debutnya di turnamen BWF Super 300 ini.

Turnamen bulutangkis BWF Super 300 bertajuk Madrid Spain Masters 2023 tengah berlangsung pekan ini, 28 Maret – 2 April 2023 di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol. 

Edisi kali ini adalah yang keempat dilangsungkan sejak pertama kali diselenggarakan BWF pada 2018 silam. Edisi 2022 tahun lalu terpaksa dibatalkan.

Menariknya, banyak pebulutangkis menjadikan ajang ini sebagai salah satu debut mereka di turnamen BWF World Tour 300.

Namun ada juga beberapa pemain ungggulan yang sudah malang melintang di BWF World Tour juga debut di Spain Masters 2023.

Baca Juga

Salah satunya, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Jawara All England 2023 tersebut datang ke ajang ini sebagai unggulan pertama.

Sebenarnya, keikutsertaan Fajar/Rian di Spain Masters 2023 cukup mengherankan mengingat sebelumnya pasangan ini memilih absen di Swiss Open 2023 pekan lalu.

Baca Juga

Datang sebagai unggulan no. 1, Fajar/Rian bersaing dengan jawara Swiss Open Sawiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), hingga Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

Selain itu, Fajar/Rian juga berpotensi bersaing dengan juara bertahan edisi 2021 yang juga dari Indonesia, yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Rambitan.

Sebagai langkah pertama, Fajar/Rian berhasil mengalahkan pasangan Kanada, Kevin Jesse Lee Jr./Ty Alexander Lindeman, dalam dua set langsung 21-9 dan 21-13, dan melaju ke babak kedua Spain Masters 2023.

Baca Juga

1. Ada ‘Kembaran’ Taufik Hidayat

Pebulutangkis tunggal putra Jepang Kenta Nishimoto. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Debutan Spain Masters 2023 lainnya yang berstatus unggulan teratas adalah tunggal putra asal Jepang, Kenta Nishimoto, yang berperingkat ke-15.

Dengan pemain yang memiliki paras mirip legenda Taufik Hidayat ini menjadi unggulan no. 1, maka sudah bisa dipastikan semua pemain tunggal putra peringkat 1-14 dunia absen di ajang ini.

Menariknya, Kenta Nishimoto merupakan satu-satunya unggulan teratas dari lima sektor yang belum memenangkan gelar juara Super 300.

Kenta Nishimoto hanya memiliki satu gelar juara di level BWF World Super 750 tepatnya di ajang Japan Open 2022.

Menjadi unggulan pertama, Kenta Nishimoto jelas punya kans untuk meraih gelar juara. Meski begitu, para tunggal putra unggulan lainnya juga tak kalah berkualitas.

Sebut saja rekan senegaranya Kanta Tsuneyama yang jadi unggulan kedua setelah wakil Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo memilih mundur karena cedera.

Baca Juga

Selain itu juga ada Anders Antonsen (Denmark), Srikanth Kidambi (India), Rasmus Gemke (Denmark), Wang Tzu-wei (Chinese Taipei) dan Toma Popov Junior (Prancis).

Kenta Nishimoto baru akan memainkan babak pertamanya pada Rabu (29/03/23) dengan menghadapi wakil Chinese Taipei Lee Chiao-hao.

Unggulan no.1 terakhir yang menjalani debutnya di Spain Masters 2023 yakni ganda campuran Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Baca Juga

Pasangan yang sudah banyak mengantongi gelar juara BWF World Tour ini sebelumnya memang belum pernah tampil di ajang Spain Masters 2023.

Datang sebagai unggulan teratas, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai memiliki peluang merengkuh gelar pertamanya di musim ini.

Terlebih, lawan-lawan yang mereka hadapi bukanlah daari kalangan top 10 besar. Lawan pertama mereka adalah wakil Chinese Taipei, Chen Xin-yuan/Yang Chin-tun.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiBerita BulutangkisBWF World TourKenta NishimotoSpain Masters

Berita Terkini