x

Melejitnya Ranking BWF Leo/Daniel: Si Kuda Hitam Ancaman Para Raja Ganda Putra

Kamis, 1 Juni 2023 19:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu menjadi kuda hitam dan ancaman para raja ganda putra di papan atas ranking BWF. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu menjadi kuda hitam dan ancaman para raja ganda putra di papan atas ranking BWF.

Nama Leo/Daniel pada musim ini tengah melejit, karena mampu menunjukkan eksistensinya sepanjang tahun 2023.

Tercatat dari 11 turnamen yang dilakoninya, Leo/Daniel berhasi meraih dua kemenangan beruntun yakni di Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023.

Selain itu menjadi semifinalis di ajang Orleans Masters dan Malaysia Masters, dan sisanya terhenti di babak pertama dan kedua di sejumlah ajang.

Pencapaian yang terbilang luar biasa ini membuat Leo/Daniel menjadi salah satu pasangan yang paling diwaspadai oleh para pemain ganda putra.

Baca Juga

Meski pasang surut, namun pasangan berjuluk The Babies ini terbilang konsisten, terutama di peringkat ranking BWF.

Ganda putra yang dipasangkan sejak 2016 itu memang stabil sejak level junior, karena sempat menduduki peringkat pertama.

Baca Juga

Melansir laman BWF, sejak naik ke kelas senior, Leo/Daniel mengawali perjuangannya di peringkat ke-177 dalam ranking BWF pada 10 Januari 2019.

Hanya dalam waktu sebulan, peringkatnya naik tajam ke posisi 126, dan mulai menembus 100 besar dengan menduduki nomor 99 pada 15 Mei 2019.

Sejak saat itu Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mulai konsisten memperbaiki posisinya dan kini menjadi ancaman para raja ganda putra di papan atas ranking BWF.

Baca Juga

1. Jadi Ancaman di Ranking Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mampu menjadi kuda hitam dan ancaman para raja ganda putra di papan atas ranking BWF. (Foto: PBSI)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin makin menunjukkan eksistensinya karena untuk pertama kali menembus posisi 20 besar pada 1 September 2022.

Penampilannya yang impresif di akhir 2022 dan awal 2023, membuat peringkatnya terus melonjak naik di ranking BWF.

Awalnya, Leo/Daniel konsisten di posisi ke-11 dalam ranking BWF pada Maret 2023. Namun ia akhirnya mencetak sejarah karena untuk pertama kalinya menembus top 10 besar.

Saat itu untuk pertama kalinya Leo/Daniel menembus posisi 10 besar dengan meraih 61.190 poin pada 18 April 2023 kemarin.

Namun posisinya tak bertahan lama, dan kembali turun ke peringkat 11. Akan tetapi berkat semangatnya yang membara, Leo/Daniel kembali mencetak sejarah.

Baca Juga

Yakni menduduki peringkat kesembilan pada pekan ke-21 pada 23 Mei 2023 kemarin, menjadi peringkat tertinggi dalam sejarah karier profesional The Babies.

Kini pada update ranking BWF pekan ke-22, Selasa (30/5/23), Leo/Daniel berhasil mempertahankan rankingnya, dan nyaris menyalip seniornya sendiri, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang turun ke peringkat kedelapan.

Tak hanya menjadi ancaman di ranking BWF, Leo/Daniel juga menjadi ganda putra paling diwaspadai pada peringkat BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga

Pasalnya, kesuksesannya menjadi semifinalis di Malaysia Masters 2023, membuat Leo/Daniel mengkudeta posisi pertama di ranking Race to Finals 2023.

Leo/Daniel berhasil mengungguli dua rekan senegaranya yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sejak awal tahun menduduki peringkat pertama, lalu ada Bagas/Fikri yang tertahan di posisi ketiga.

Selain itu, Leo/Daniel juga mengungguli para ganda putra unggulan dari negara lain seperti Liang Wei Keng/Wang Chang, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan lainnya.

Maka tak heran jika Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi salah satu pasangan yang paling mengerikan, karena mampu mengejar para raja ganda putra di papan atas ranking BWF.

Baca Juga
BulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisThailand OpenRanking BWF

Berita Terkini