Asian Games di Jakarta, Siman Yakin Sabet Emas

Rabu, 8 Oktober 2014 00:08 WIB
Editor: Yusuf Abdillah
 Copyright:

I Gede Siman Sudartawa mengemukakan, keberhasilan menembus babak final nomor 50 meter gaya punggung pada Asian Games lalu dapat dijadikan tolak ukur kemampuan diri.

"Saya lebih optimistis pada Asian Games mendatang, apalagi pada 2018 nanti memasuki 'golden age' karena sudah 24 tahun," kata Siman.

Siman mengaku tidak menyangka mampu mengimbangi catatan waktu perenang asal Jepang dan China pada Asian Games Incheon, Korsel.

"Yang jelas, saya tambah percaya diri sepulang dari Incheon. Saya banyak mendapat pelajaran berharga meski tetap kecewa karena gagal menyumbang medali," ujar peraih empat medali emas SEA Games 2011 ini.

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah menyiapkan tim nasional dengan baik pada Asian Games mendatang sehingga atlet mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk uji coba.

"Menghadapi Asian Games di Incheon, saya hanya uji coba di negara seputar Asia Tenggara dan satu kali ke Turki. Saya harap untuk Asian Games mendatang bisa ke Eropa," ujarnya.

Pada Asia Games di Incheon, Siman berhasil lolos ke babak kualifikasi setelah membukukan waktu 25,40 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor nasional nomor 50 meter gaya punggung atas namanya sendiri.

Perenang asal Bali ini akhirnya finish pada urutan empat setelah mencetak catatan waktu 25,42 detik.