Perenang Muda Indonesia Raih Medali Perunggu di Jepang

Minggu, 20 November 2016 08:09 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Bertempat di Tokyo Tatsumi International Swimming Center, perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa sukses meraih perunggu nomor 50 meter gaya punggung putra pada Kejuaraan Renang Asia bertajuk Asian Swimming Championship (AASF) ke-10 di Tokyo.

Hasil itu diraih perenang kelahiran 8 September 1994 tersebut setelah mencatakan waktu selama 25,26 detik. Ia berselisih satu detik dengan perenang asal China, Xu Jiayu yang meraih medali emas dengan catatan waktu 24,65 detik.

Sementara wakil tuan rumah, Nakao Shunichi harus puas finish di tempat kedua dan meraih medali perak dengan catatan waktu 25,17 detik.


I Gede Siman mencatat waktu  25,26 detik di nomor 50 meter gaya punggung putra.

Apresiasi tinggi pun disampaikan Ketua Umum PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia), Anindya Novyan Bakrie. Ia menyebut prestasi yang diraih Siman seperti membantah isu yang menyebut perenang Indonesia sulit bersaing di kompetisi internasional di atas SEA Games.

"Mudah-mudahan dengan terus berlatih dan menambah lagi pengalaman bertanding di level internasional, Siman akan berhasil mencapai puncak prestasi tahun depan," kata Anindya seperti dilansir Antara.

Selain Siman, atlet putri Azzahra Permatahani juga mencatat prestasi meningkat. Meski gagal membawa pulang medali, Azzahra yang turun di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri, sukses memecahkan rekor nasional dengan catatan 4 menit 54,21 detik.