Luar Biasa! Indonesia Borong 20 Medali di Kejuaraan Renang Asia Tenggara

Senin, 1 Juli 2019 17:18 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah prestasi luar biasa kembali dicatatkan oleh kontingen renang Indonesia di Kejuaraan Renang Junior, 43rd SEA Age Group Swimming Championship 2019 di Phnom Penh, Kamboja, yang berlangsung 28-30 Juni lalu.

Kontingen Indonesia berhasil meraih 20 medali yang terdiri dari 10 medali emas, tiga medali perak dan tujuh medali perunggu. Medali emas yang terakhir kali diperoleh Indonesia dipersembahkan oleh Adelia di nomor 200 meter gaya dada putri grup 2 (14-15 tahun) dengan catatan waktu 2 menit 38,18 detik.

Sebelumnya, Adelia juga telah meraih emas di nomor 50 meter dan 100 meter. Berhasil meraih 3 medali emas, Adelia mengaku sangat bahagia.

"Senang sekali kalau setiap hari dapat satu emas. Ini pencapaian luar biasa, karena mampu menyumbang emas pertama saya untuk Indonesia di SEA Age Group," ujar Adelia dilansir dari situs Antara.

Tak hanya Adelia, Komang Adinda pun juga berhasil mempersembahkan satu medali emas di nomor 50 meter gaya punggung grup 2 (14-15 tahun) dengan waktu 30,77 detik.

Selanjutnya, ada Cahya Erinjaya yang sukses membawa pulang medali perunggu di nomor 200 meter gaya dada grup 2 (14-15 tahun) dengan waktu 2 menit 26,87 detik.

Rashief Amila Yaqin yang juga berhasil meraih medali perunggu, sementara itu,  Azzahra Permatahani berhasil menyumbang satu medali perak dan empat medali emas untuk Indonesia.

Hartadi juga berhasil menyumbangkan medali emas dan sukses memecahkan rekor Kelompok Umur Nasional atas nama dia sendiri pada Festival Akuatik Indonesia 2019.

Sedangkan perenang asal Jawa Barat, Philomena Balinda juga berhasil meraih medali emas, diikuti oleh Cahya Erinjaya yang berhasil meraih medali perak.

Dalam Kejuaraan renang junior di Asia Tenggara tersebut, Azzahralah yang berhasil menyumbangkan medali terbanyak dengan empat medali emas dan dengan torehan tersebut, ia pun akan diberangkatkan bersama dengan Farrel Armandio Tangkas untuk mengikuti kejuaraan dunia renang junior FINA di Budapest pada Agustus mendatang.