Valentina Sampaio, Transgender Pertama yang Jadi Model Baju Renang

Minggu, 12 Juli 2020 19:10 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Tommaso Boddi/Getty Images
Model transgender Valentina Sampaio Copyright: © Tommaso Boddi/Getty Images
Model transgender Valentina Sampaio

INDOSPORT.COM - Valentina Sampaio menjadi transgender pertama yang menjadi model baju renang tahun 2020. Ada delapan orang yang terpilih menjadi Sports Illustrated Rookies dalam edisi baju renang, Valentina Sampaio adalah salah satunya.

Sampaio lahir di desa nelayan yang sederhana di Brasil Utara. Ia baru saja melakukan pemotretan di Pulau scrub di Kepulauan Virgin Inggris.

"Aku sangat terkejut, itu sangat berarti bagiku. Sebagai manusia, kita memiliki keinginan yang sama untuk diterima dan dicintai. Terima kasih, SI, telah melihat dan menghormati aku sebagaimana adanya," ujar Valentina Sampaio dilansir dari The Blaze.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Valentina Sampaio (@valentts) on

"Terima kasih telah mendukungku dalam menyebarkan pesan cinta, kasih sayang, dan persatuan untuk semua. Aku datang dari ruang ketakutan dan mariginalisasi, namun sekarang aku ada dalam salah satu majalah paling ikonik yang merangkulku untuk menyebarkan keberagaman," sambungnya lagi.

Sebelumnya pada 2017 lalu, Valentina Sampaio telah mendapatkan kesempatan untuk menjadi model transgernder pertama yang tampil di sampul majalah Vogue.

Ia juga merupakan model transgender pertama yang jalan di catwalk Victoria's Secret pada 2019 lalu. Kini Sport Illustrated merangkul Valentina Sampaio untuk menghormati keberagaman.

Tahun lalu, majalah ternama itu menggandeng Halima Aden wanita pertama yang menjadi model baju renang dengan mengenakan burkini dan jilbab tradisional.