Raih 7 Medali Emas Olimpiade, Atlet Renang Indah Rusia Ukir Sejarah

Minggu, 8 Agustus 2021 00:29 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Atlet renang indah asal Rusia, Svetlana Romashina mengukir sejarah setelah mengoleksi tujuh medali emas Olimpiade.

Medali emas Olimpiade ketujuh diraih Svetlana Romashina pada Sabtu (07/08/21) saat tampil bersama tim renang indah Rusia.

Pada Rabu (04/08/21), Rosmahina juga mendapatkan medali emas dari nomor duet free routines renang indah. Atlet renang indah asal Rusia itu total sudah tampil dalam empat Olimpiade yang berbeda.

Saat berjuang di Olimpiade Beijing 2018, Svetlana Romashina mendapat satu medali emas. Kemudian di Olimpiade London 2012 mengantongi dua medali emas, lalu di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menyabet dua medali emas.

Sejauh ini atlet yang bisa menyamai torehan Svetlana Romashina adalah sprinter Jamaika, Usain Bolt serta pelompat Amerika bernama Ray Ewry.

Keduanya memenangkan delapan medali emas tanpa pernah mengklaim medali perak atau medali perunggu.

Sementara itu tujuh orang tim renang indah Rusia, Vlada Chigireva, Aleksandra Patskevich, Marina Goliadkina, Svetlana Kolesnichenko, Alla Shishkina, Polina Komar dan Maria Shurochkina juga meraih medali emas di babak final.

Rusia memang jadi negara unggulan yang mendominasi cabang olahraga renang indah selama lebih dari dua dekade. Terakhir kali Rusia menelan kekalahan saat tampil di Olimpiade Atlanta 1996.