Usai Olimpiade, Perenang Fadlan Usung Ambisi Besar: Medali Emas Asian Games!

Senin, 8 November 2021 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Usai mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, perenang Aflah Fadlan Prawira mengusung ambisi besar, yakni medali emas Asian Games 2022.

Fadlan merupakan salah satu dari 28 atlet Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo lalu. Ia turun di dua nomor, yakni 400m gaya bebas putra dan 1.500m gaya bebas putra. 

Meski gagal meraih medali di Tokyo, namun Fadlan tak mau menyerah begitu saja, dan secara bertahap ingin menaklukkan ajang olahraga, mulai dari SEA Games 2022 nanti.

"Kalender 2022 sangat padat, semoga saya bisa lebih konsisten, karena saya juga masih geregetan ingin merebut medali emas SEA Games," ungkap Fadlan kepada media.

Selain SEA Games, di tahun 2022 juga ada Asian Games 2022 Hangzhou. Perjalanan para atlet tak sampai di sana, karena masih akan ada perhelatan Olimpiade Paris 2024.

"Saya ingin tampil di Olimpiade Paris sebagai perenang yang lolos kualifikasi. Saya juga ingin naik podium saat Asian Games dan meraih emas SEA Games," imbuhnya.

Khususnya di Indonesia, Fadlan yang akan genap berusia 24 tahun itu tentu sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Hal ini terbukti saat ia tampil di PON Papua, Oktober lalu.

Atlet asal Jawa Barat itu sukses mendulang sepuluh medali dari berbagai nomor lomba, dengan rincian enam medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu.

Menurut Fadlan, semakin banyak atlet muda potensial asal Indonesia yang bermunculan di cabang olahraga renang, terpantau dari PON Papua yang baru saja tuntas digelar.

"Olimpiade kemarin banyak kejutan, banyak nama baru yang sebelumnya nggak pernah terdengar. Sama seperti PON, kini banyak junior yang bisa bersaing dengan senior."

Sebagai perenang muda, tentu Aflah Fadlan Prawira masih punya peluang besar untuk mengejar ambisinya, meraih medali emas SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.