Ramal Juara Piala Dunia, Microsoft Andalkan Cortana

Jumat, 4 Juli 2014 16:00 WIB
Penulis: Niken Purnamasari | Editor: Raditya Adi Nugraha
© Bayu Pandu Arisma/INDOSPORT-MICROSOFT
Microsoft Cortana meramalkan Jerman akan memenangi laga kontra Prancis.  Copyright: © Bayu Pandu Arisma/INDOSPORT-MICROSOFT
Microsoft Cortana meramalkan Jerman akan memenangi laga kontra Prancis.

Sebelumnya, Paul si Gurita sempat membuat heboh pada Piala Dunia 2010. Ramalan Paul nyaris benar pada beberapa pertandingan.

Tak hanya Paul, Nelly Si Gajah juga sukses memprediksi beberapa pertandingan di Piala Dunia 2010, Euro 2012 dan final Liga Champion 2013.

Pada Piala Dunia tahun ini, program perangkat lunak komputer menjadi favorit bagi penggila bola untuk "meramal" sejumlah pertandingan.

Misalnya saja program perangkat lunak komputer dari Microsoft, Cortana. Program tersebut 100% dengan akurat memprediksi tim-tim yang akan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Seperti pendahulunya, Apple yang meluncurkan program Siri, Cortana menggunakan beberapa angka indikator untuk memprediksi juara setiap pertandingan pada Piala Dunia.

"Pada setiap turnamen, kami mengevaluasi kekuatan beberapa tim melalui berbagai macam faktor seperti preview menang/ kalah dalam beberapa pertandingan kualifikasi dan marjin kemenangan setiap tim," tulis Microsoft dalam blog. 

Untuk laga Jerman v Prancis yang akan berlangsung pada hari ini, Cortana memprediksi Der Panzer akan menekuk Prancis dan lolos ke perempat final Piala Dunia 2014.

240