Kualifikasi Piala Afrika Dipindahkan Hindari Ebola

Rabu, 13 Agustus 2014 05:00 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Guinea dan Sierra Leone akan menjadi pertandingan kualifikasi Piala Afrika, September 2014. Togo menolak bermain di Guinea setelah virus Ebola sudah menewaskan ratusan orang di Guinea.

Sejak korban pertama meninggal di Afrika bagian barat, virus Ebola sudah menewaskan lebih dari 1.000 orang. Konfederasi Sepakbola Afrika juga memerintahkan Liberia untuk memindahkan seluruh pertandingan internasional.

“CAF telah meminta tiga federasi untuk pindah ke negara netral sebagai tuan rumah dalam kompetisi CAF untuk jangka waktu sampai dengan pertengahan September,” demikian pernyataan CAF.

Guinea akan menjadi tuan rumah melawan Togo pada 5 September dalam kualifikasi Grup E. Siera Leone mengawali partai kandang di Grup D dengan menjamu Kongo pada 10 September 2014.

Sierra Leone telah meminta Ghana untuk menjadi tuan rumah pertandingan mereka melawan Republik Demokratik Kongo bulan depan, namun belum mendapatkan respons dari Ghana.

Perserikatan Bangsa Bangsa menetapkan Ebola merupakan epidemi yang terbesar di dunia saat ini. Negara di Afrika yang paling menderita karena virus adalah Guinea, Liberia, Sierra Leone dan Nigeria.