Iran Larang Keras Fans Wanita Selfie

Senin, 19 Januari 2015 20:12 WIB
Editor: Irfan Fikri
©
 Copyright: ©

Larangan selfie ini berawal dari ajang Piala Asia yang kedapatan sejumlah fans wanita Iran yang berpakaian seksi berfoto bersama dengan para pemain Iran yang berlaga di ajang yang berlangsung di Australia.

"Para pemain tidak diperbolehkan untuk berpose untuk selfie dengan penggemar wanita," kata Ali Akbar Mohamedzade, pejabat dari Federasi Sepakbola Iran, seperti dikutip dari The Telegraph.

Menurutnya, upaya hukum ini bukan tanpa alasan. Sebab, foto-foto tersebut bisa jadi akan disalahgunakan. Fans wanita bisa saja melakukan penuntutan ke depannya nanti dengan alasan pelecehan seksual.

"Mereka (para wanita) mungkin nantinya menggunakan foto-foto ini untuk alat bukti dengan menuntut para pemain dengan alasan pelecehan,” ucap ia.

Menurutnya, pihaknya tak mampu melarang fans wanita masuk ke stadion seperti yang mereka terapkan di negaranya. Sebab saat ini tercatat ada 70 ribu warga Iran yang menerap di Australia.

Iran's fans at Asian Cup in Australia

Kebijakan ini mendapat dukungan dari pelatih timnas Iran, Carlos Queiroz. Menurut pelatih asal Portugal yang pernah menjadi asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United, ada beberapa pemainnya melakukan hal yang bertentangan dengan aturan di Iran.

“Saya sudah menghubungi pelatih nasional dan secara eksplisit ia sepakat atas pelarangan foto selfie dengan fans wanita lalu menyebarkannya lewat media sosial,” tegas Mohamedzade.

Dalam ajang Piala Asia tersebut juga dimanfaatkan para fans Iran untuk melakukan protes kepada pemerintahan. Terlihat sejumlah spanduk bernada protes yang terpampang di tribun penonton. Lembaga penyiaran Iran, IRIB, bahkan langsung melakukan sensor atas ulah para fans yang tertangkap kamera.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%