Piala Asia 2015

(VIDEO) FT: Korsel 1-2 Australia, Socceroos Jawara Asia!

Sabtu, 31 Januari 2015 19:14 WIB
Editor: Dimas Hendro Nugroho
 Copyright:

Australia sebelumnya harus puas menjadi runner-up pada 2011 setelah kalah 0-1 dari Jepang di ajang 4 tahunan ini. Di keikutsertaan pertamanya pada 2007 lalu pun Socceroos tumbang di perempatfinal setelah kalah di drama adu-penalti, lagi-lagi juga oleh Jepang.

Kedua tim tampil dengan kekuatan penuh dan saling serang sejak menit petama. Beberapa peluang didapatkan Korea Selatan termasuk lewat pemain andalan mereka Son Hyeung-Min, namun Australia lah yang berhasil mengubah papan skor terlebih dahulu di penghujung babak pertama.

Adalah Massimo Luongo, gelandang serang tuan rumah yang punya darah Indonesia, keturunan Bima, Nusa Tenggara Barat, yang mencetak gol lewat tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti

Di babak kedua giliran Korea Selatan yang mencetak gol di penghujung pertandingan untuk menyamakan kedudukan, melalui kaki Son Hyeung-Min lewat tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti, skor pun jadi 1-1 dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Di babak tambahan 2x15 menit pertama, Australia berhasil mencetak gol, lagi-lagi di penghujung babak sekitar menit 115’, kali ini lewat sontekan James Troisi, memanfaatkan kemelut didepan gawang Korsel.

Tim Ginseng kali ini tidak dapat lagi mencetak gol balasan di babak tambahan 2x15 menit kedua, mereka pun harus rela mengakhiri penantian panjang selama puluhan tahun untuk menjadi juara dengan kekecewaan. Korsel sudah dua kali menjadi juara Asia, namun itu terjadi pada 1956 dan 1960.

Sementara, para supporter Australia pun akhirnya bisa berpesta-pora menyambut gelar perdana Socceroos ini.

Berikut highlight lengkap pertandingan final tersebut:

Susunan Pemain

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Jin-hyeon; Cha Du-ri, Kwak Tae-hwi, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Park Joo-ho, Jang Hyun-soo; Nam Tae-hee, Ki Sung-yueng (C), Son Heung-min; Lee Jung-hyup.

Pelatih: Uli Stielike

Australia (4-3-3): Mathew Ryan; Ivan Franjic, Trent Sainsbury, Matthew Spiranovic, Jason Davidson; Mark Milligan, Mile Jedinak (C), Massimo Luongo; Robbie Kruse, Tim Cahill, Mathew Leckie.

Pelatih: Ange Postecoglou

3