SEA Games 2015

Analisis Peluang Indonesia U-23 Kontra Filipina U-23

Selasa, 9 Juni 2015 01:04 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Timnas U-23 menemukan titik balik kontra Kamboja U-23 setelah kalah di laga pertama menghadapi Myanmar U-23 dengan skor 2-4. Bertemu Kamboja, anak asuh Aji Santoso tampil trengginas dan mencetak setengah lusin gol ke gawang lawan.

Dengan kemenangan ini, skuad Garuda Muda kian termotivasi untuk laga berikutnya menghadapi tim muda Filipina. Hal itu diakui oleh Asisten Pelatih Timnas Indonesia Mochamad Zein Al Hadad.

"Kemenangan atas Kamboja meningkatkan semangat bertanding pemain dan sangat siap untuk pertandingan melawan Filipina. Kami tak boleh kehilangan kesempatan meski harus ditentukan pada pertandingan terakhir," tandas Al Hadad seperti dilansir Antara.

Laga menghadapi Filipian tak bisa dianggap remeh jika ingin mengincar emas di ajang dua tahunan ini. Pasalnya saat ini Garuda Muda unggul selisih gol dari tuan rumah Singapura yang menghuni grup yang sama.

Saat ini Garuda Muda berada di urutan kedua dengan nilai tiga hasil satu kali menang dan satu kali kalah.  Evan Dimas dan kolega berhasil memasukan delapan gol dan kemasukan lima gol.

Sementara itu calon lawan Filipina berada di urutan buncit dengan kemasukan gol cukup banyak. Dengan hasil ini menunjukkan sejauh mana ketangguhan skuad muda Filipina. Bukan tidak mungkin bisa dijadikan sasaran empuk Evan Dimas dan kolega untuk mencuri gol dan mengamankan peluang ke babak semifinal.

Formasi yang sama saat melumat Kamboja bisa kembali diandalkan. Kinerja yang bagus dari Paulo Sitanggang, Zulfiandi dan Evan Dimas di lini tengah bisa dimaksimalkan untuk mendukung ujung tombak Muchlis Hadi Ning Syaifullah yang memborong tiga gol dalam laga sebelumnya.

Meski demikian kekompakkan antarlini serta adaptasi yang baik dengan kondisi lapangan sintetis perlu menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi.

1