Usai Piala Presiden, Kemenpora Siap Sukseskan Turnamen Lain

Kamis, 22 Oktober 2015 19:42 WIB
Penulis: Dian Eko Prasetio | Editor: Zainal Hasan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dalam akhir tahun ini, rencananya akan ada dua turnamen lagi untuk menghibur para pecinta sepakbola tanah air. Adalah turnamen Marahalim Cup dan Habibie Cup yang akan menjadi tontonan pecinta sepakbola tanah air. Terkait dua turnamen ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap untuk membantu dan melakukan kerjasama dengan pihak penyelenggara untuk menyukseskan turnamen tersebut.

"Kalau turnamen Piala Panglima TNI, kami belum ada mandat untuk memegang kendali. Kami baru menyiapkan kerjasama untuk turnamen Habibie Cup dan Marahalim Cup, yang rencananya digelar pada November tahun ini," jelas Ketua Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto di media center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Hal ini juga untuk mendukung perkataan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang meminta pihak Kemenpora untuk melakukan kerjasama demi menyukseskan penyelenggaraan tunamen Marahalim Cup dan Habibie Cup. Jokowi juga menginginkan agar kedua turnamen tersebut dapat memajukan sepakbola Indonesia.

"Mandat tersebut diterima langsung dari bapak Presiden saat mengundang juara Piala Presiden peserta klub Piala Presiden 2015 ke Istana Negara pada hari Senin, kemarin. Beliau tidak ingin aktifitas sepakbola Nasional berhenti setelah Piala Kemerdekaan dan Piala Presiden," sambung Gatot.

Sebagai informasi, Marahalim Cup adalah turnamen sepakbola yang namanya diambil dari nama Gubernur ke-11 Sumatera Utara, Marahalim Harahap. Bahkan, turnamen ini pernah masuk dalam kalender resmi FIFA. Sedangkan untuk Habibie Cup, adalah turnamen yang melibatkan 12 klub asal Sulawesi, bahkan klub-klub seperti PSM Makassar akan turut berpartisipasi dalam turnamen yang rencananya bergulir pada 28 Oktober-10 November 2015 di Stadion Gelora Mandiri Parepare, Sulawesi Selatan.

257