Bola Internasional

Kalijodo, Pekerja Seks dan Sepakbola

Rabu, 17 Februari 2016 14:58 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Bukan berharap para pekerja seks komersial di Kalijodo untuk menggelar aksi sepakbola jalanan seperti apa yang dilakukan para pekerja seks di Brasil di momen Piala Dunia 2014 silam. Hanya saja, alangkah lebih manusiawi jika menyikapi polemik tersebut dengan cara-cara lembut yang bisa berujung pada komunikasi dua arah.

Ya, rencana penggusuran kawasan Kalijodo oleh Pemerintah DKI Jakarta tentu memicu gesekan antara dua pihak. Selain ada rencana penggusuran, pihak pemerintah juga seharusnya mendengarkan apa keluh kesah dari para pekerja seks setelah tempat mencari nafkah mereka digusur.


Kawasan Lokalisasi Kalijodo, Jakarta Utara

Rencananya, kawasan bisnis prostitusi Kalijodo akan digusur dan diubah menjadi fasilias umum dan sosial seperti ruang terbuka hijau. Sayangnya, para pekerja seks di Kalijodo lebih dulu tersulut emosi dengan merespon rencana tersebut dengan justru menantang balik.

(Andai) para penghuni Kalijodo terutama para pekerja seks yang menggantungkan kehidupan di sana bisa sedikit tenang dengan mengikuti aksi para PSK di Brasil, mungkin komunikasi dua arah bisa terjalin baik dengan pihak pemerintah.


Salah satu aksi sepakbola jalanan pekerja seks komersial di Brasil yang menuntut kesamaan hak

Berikut INDOSPORT menyoroti rencana penggusuran kawasan bisnis prostitusi Kalijodo dengan aksi simpati para pekerja seks di Brasil yang menuntut kesamaan hak-hak pekerja seks.

163