Euro 2016

Lukisan 11 Pemain Legenda Warnai Gelaran Euro 2016 di Kota Paris

Sabtu, 21 Mei 2016 14:29 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
©
 Copyright: ©

UEFA baru-baru ini mengeluarkan rilis tentang 11 pemain legenda sepanjang masa gelaran Euro. Sebelas pemain tersebut dinilai bisa memberikan kontribusi yang cukup besar bagi negaranya sepanjang mengikuti turnamen empat tahunan paling bergengsi di daratan Eropa tersebut.

Sebelas pemain tersebut adalah Iker Casillas, Philipp Lahm, Lilian Thuram, Carles Puyol, Paulo Maldini, Zinadine Zidane, Karel Poborsky, Pavel Nedved, Luis Figo, Thierry Henry, dan Gerd Muller.

Demi memeriahkan gelaran Euro 2016 di Prancis, UEFA akan mengabadikan Casillas dkk. dalam bentuk lukisan grafiti. Ada 11 seniman grafiti yang bakal menggarap proyek UEFA tersebut.

"Inisiatif pembuatan lukisan tersebut merupakan bukti nyata penggabungan seni dan sepakbola. Kita tahu, Paris merupakan salah satu kota yang terkenal dengan seninya. Makannya, UEFA membuat lukisan tersebut untuk mewarnai gelaran Euro 2016," kata Presiden Piala Eropa 2016, Jacques Lambert, dikutip dari UEFA.com

Sebelas seniman grafiti tersebut akan menggunakan cat semprot untuk menggambar Carles Puyol cs. Nantinya, seluruh lukisan kesebelas pemain tersebut akan dipajang di Kota Paris selama gelaran Euro 2016, atau hingga sehari sebelum laga final berlangsung.

"Proyek bersejarah ini merupakan penggabungan seni dan sepakbola. Ini akan menjadi karya seni yang sempurna," kata Bruno Julliard selaku wakil walikota Paris.

Seperti diketahui, gelaran Euro 2016 akan berlangsung mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2016 di Prancis. Ada 24 tim yang ikut serta dalam turnamen empat tahunan paling bergengsi di daratan Eropa tersebut.

45