Torabika Soccer Championship 2016

Sriwijaya FC dan Mitra Kukar Pincang Saat Duel pada Pekan ke-22 TSC.

Jumat, 7 Oktober 2016 10:35 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Dalam laga ini, SFC tidak bisa menurunkan empat pemain terbaiknya. Firman Utina dan Ridwan masih mengambil lisensi pelatih C AFC di Jakarta, Fachrudin memperkuat Timnas Indonesia dan Ichsan Kurniawan cedera lutut.

Namun kondisi tim tuan rumah ternyata juga tak jauh beda, Mitra Kukar juga kehilangan empat pemain andalannya. Bayu Pradana dan Septian David Maulana dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.

Sementara, Arthur Cunha da Rocha absen karena akumulasi kartu dan Felipe Bertoldo belum kembali dari Brasil, karena ada kerabat yang meninggal dunia.

Sama-sama kehilangan empat pemain inti, tentu akan membuat peta kekuatan kedua tim kembali sama. Baik SFC ataupun Mitra Kukar sama-sama punya peluang untuk dapat memenangkan laga ini.

“Ada empat pemain yang absen, tentu pengganti sudah kita siapkan. Di posisi gelandang Firman dan Ichsan absen, tapi kita ada Yu Hyun-koo, Hapit Ibrahim, Jufrianto dan Untung Wibowo,” kata Pelatih Kepala SFC Widodo Cahyono Putro, Kamis (6/10/16).

Untuk posisi Ridwan yang absen, masih ada nama Musafri, Hilton Moreira, Yohanis Nabar, dan Rizky Dwi Ramadhana. Di posisi bek tengah yang ditinggal Fachrudin bisa digantikan Ngurah Nanak.

Pelatih berusia 45 tahun ini memang selalu menegaskan pada anak asuhnya, supaya tidak mengandalkan pada satu pemain. Pemain yang ada tidak selamanya bisa bermain, sehingga siapapun itu harus benar-benar siap bila diturunkan.

“Kita sudah melakukan persiapan dengan materi yang ada selama ini, pemain sudah tahu apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Pemain yang akan bertugas nantinya, sudah paham betul siapa yang akan menjadi lawan duel nantinya dan sudah tahu cara meredam pemain lawan.

“Kita sudah melakukan evaluasi dan beberapa perbaikan setelah kalah 0-4 dari Bhayangkara FC, secara mental ataupun permainan timnya siap melawan Mitra Kukar,” tegasnya.

Seperti halnya SFC, tanpa empat pemain inti, Mitra Kukar juga siap menghadapi tantangan SFC dengan kondisi skuat mereka saat ini. Tim berjuluk Naga Mekes  ini tak risau dengan banyaknya pemain mereka yang absen.

"Mitra Kukar tidak tergantung pada satu-dua pemain. Kita sudah siapkan tim sejak awal pekan lalu. Jadi, kita secara umum, kita sudah tidak ada masalah," ujar pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra.

"Meski tanpa Bayu Pradana, Septian David Maulana, Arthur Cunha da Rocha, dan Felipe Bertoldo, pemain akan bermain seperti biasanya dan siap menghadapi Laskar Wong Kito," tutupnya.