Liga Indonesia

Terkendala Anggaran, Sulsel Masih Nantikan Stadion Berlabel Internasional

Selasa, 18 Oktober 2016 18:53 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Nur Basri/Indosport
Stadion Internasional Barombong masih dalam tahap pengerjaan. Copyright: © Muhammad Nur Basri/Indosport
Stadion Internasional Barombong masih dalam tahap pengerjaan.

Harapan hadirnya Stadion baru di Sulsel yang bisa menyelenggaran  pertandingan internasional sudah sejak lama dinantikan. Saat ini, masyarakat Sulsel hanya bisa berharap pada Stadion International Barombong, Makassar yang masih dalam tahap pembangunan.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi selatan, Muhlis mengatakan jika  proses pembangunan Stadion tersebut saat ini masih terus digenjot. Persoalan anggaran dikatakan menjadi salah satu penghambat.


Stadion Internasional Barombong belum juga rampung, meski telah dimulai sejak tahun 2012 lalu.

"Pembangunan fisik saat ini masih terus dikejar. Namun, memang ada hambatan persoalan anggran karena anggraan di Dispora itu ada porsi-porsinya tersendiri. Baik yang dianggarkan dalam APBD maupun APBN. Saat ini Tribun timur telah selesai dikerja, sementara pengerjaan adalah tribun utara," ujar Muhlis.

Tahun 2017 mendatang diharapkan akumulasi anggaran sudah bisa disesuaikan dengan rincian APBN bisa menyelesaikan tribun selatan dan APBD bisa menyelesaikan tribun VIP barat sehingga harapan Pemerintah Provinsi Sulsel pada tahun 2018 Stadion ini sudah layak dipakai. 


Kondisi terakhir pembangunan Stadion Internasional Barombong, Sulawesi Selatan.

"Kita harap anggaran 2017 baik APBN maupun APBD sudah bisa menutupi anggaran yang diperlukan di tribun selatan dan tribun barat. Sesuai dengan desain sejak awal  total anggaran yang digunakan dalam menyelesaiakn ini Rp330 milliar namun ini bisa saja berubah dengan adanya kenaikan harga tiap tahun," tambah Muhlis. 

 "Untuk rincian anggaran dua tribun ini, tribun selatan itu Rp49 Milliar, sementara tribun VIP barat sesuai dengan perhitungan ulang kemarin dalam RPMJ itu ada pembengkakan dari Rp150 milliar menjadi Rp69 milliar sehingga saat ini total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp319 milliar," tambahnya. 


Stadion Internasional Barombong rencananya akan memiliki daya tampung 45 ribu orang.

Stadion Barombong ini di klaim memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 45 ribu orang. Stadion ini memang dipersiapkan untuk event internasional serta event nasional  di Provinsi Sulsel.

Kehadiran Stadion Barombong  ini memang diharapkan menjadi solusi tidak adanya stadion bertaraf internasional di Sulsel. Saat ini di Kota Makassar hanya ada Stadion Andi Matalatta, Makassar namun stadion ini sudah cukup tua dan tidak bisa lagi untuk digunakan pertandingan internasional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%