Peristiwa Masa Lampau

Perkasa di Fase Grup, Dipecundangi Malaysia, Hingga Kurang Beruntung dari Vietnam

Senin, 7 November 2016 16:00 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Diarsiteki oleh salah satu pelatih berkualitas negeri ini, Danurwindo, Timnas Indonesia dengan percaya diri berangkat ke Singapura untuk ikut ambil bagian dari perhelatan Piala Tiger 1996. 

Publik pun sangat berharap penggawa-penggawa Timnas mampu meraih gelar juara. Harapan publik bukan harapan imaji semata. Mengapa? 

Indonesia memberangkatkan tim yang dilatih Danurwindo dan bermaterikan paduan pemain senior dengan pemain muda hasil kompetisi Primavera di Italia.

Timnas Indonesia saat itu diisi pemain-pemain seperti Kurnia Sandi, kiper utama Timnas yang saat itu bermain di Sampdoria. Kurnia Sandy tidak sendirian, ia gabung bersama Sampdoria bersama penyerang hebat Timnas, Kurniawan Dwi Yulianto. 

Untuk barisan pemain belakang, Danurwindo memanggil Aples Tecuari, Yeyen Tumena, hingga Nuralim. Sedangkan di lini tengah ada nama Bima Sakti, (alm) Eri Irianto, hingga Peri Sandria. 

Dari deretan nama tersebut, ini Timnas Indonesia yang lengkap dari semua lini. Tiba di Singapura, Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Laos, dan Kamboja. 

Harapan sempat membuncah saat laga pertama Grup A, Indonesia mampu mempecundangi tim lemah, Laos, 5-1. Gol Indonesia kala itu dicetak oleh, Fachri Husaini, (alm) Eri Irianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Robby Darwis, dan Peri Sandria. 

Bagaimana pertandingan selanjutnya? Apakah Timnas Indonesia mampu meraih gelar juara di Piala Tiger 2016? 

Berikut ulasannya untuk pembaca setia INDOSPORT: 

781